Wujud Sinergi Pemerintah Daerah, Pelaku Utama dan Pelaku Usaha Pertanian, Penyuluh Susun Programa Kota Solok

Programa penyuluhan pertanian adalah rencana tentang kegiatan penyuluhan pertanian yang memadukan aspirasi petani-nelayan dan masyarakat pertanian dengan potensi wilayah serta program pembangunan pertanian yang menggambarkan keadaan sekarang, tujuan yang ingin dicapai, masalah-masalah dan alternatif pemecahannya, serta cara mencapai tujuan yang disusun secara partisipatif, sistematis dan tertulis setiap tahun.

Tersusunnya Programa Penyuluhan Pertanian merupakan salah satu indikator kinerja Penyuluh Pertanian. Pertemuan Penyusunan Programa Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian itu merupakan rangkaian penting dari tugas penyuluh sebelum memulai tugas pokok dan fungsi. Maka dari itu, sangat penting melakukan penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian ini. Pada tanggal 29 Maret 2022 dilaksanakannya Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kota Solok. Penyusunan Programa Tingkat ini merupakan rangkuman hasil dari penyusunan Programa di Kecamatan Lubuk Sikarah dan Kecamatan Tanjung Harapan yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kota dilaksanakan di Aula Dinas Pertanian dan dihadiri oleh 75 orang peserta yang terdiri dari pelaku utama dan pelaku usaha pertanian di Kota Solok. Pelaku utama dan pelaku usaha ini berasal dari Kelompoktani, Gapoktan, P3A, GP3A, Pokdakan dan Penyuluh Swadaya. Koordinator Penyuluh Pertanian Kota Solok, Nazifah yang memimpin jalannya penyusunan Programa Tingkat Kota Solok ini. Penyuluh pertanian Lapangan (PPL) Wilayah Binaan lainnya turut mendampingi proses musyawarah.

Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian ini harus memperhatikan banyak aspek, diantaranya kebijakan dan rencana kerja yang telah dibuat oleh Pemerintah daerah. Maka dari itu, sejumlah para pejabat eselon III di lingkup Dinas Pertanian Kota Solok turut hadir dalam acara ini, diantaranya Sekretaris Dinas Pertanian Kota Solok, Kepala Bidang Penyuluhan, Kepala Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, serta Kepala Bidang Sarana dan Prasarana. Selain itu Dinas Pangan pun turut menghadiri penyusunan Programa. Para kepala bidang ini masing-masing memaparkan rencana kerjanya untuk tahun 2022-2023 yang nantinya dapat di sinkronisasikan kedalam Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kota itu sendiri.

Dalam Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kota Solok tahun 2023 ini juga mengacu pada hasil evaluasi dari Programa Penyuluhan Pertanian Kota Solok tahun sebelumnya. Dalam prosesnya terdapat beberapa keadaan pertanian yang menjadi fokus pada Penyuluhan tahun 2023 diantaranya yaitu Pengembangan Padi Varietas Anak Daro. Hal ini baru dimasukkan kedalam Programa Penyuluhan Pertanian mengingat Kota Solok merupakan Kota Beras dengan slogan “Kota Beras Serambi Madinah” dan Beras Solok telah memiliki Indikasi Geografis (IG) agar kualitas dari Beras Solok tetap terjaga. Beras Solok berasal dari dua daerah yaitu Kabupaten Solok dengan Varietas Cisokan sedangkan Kota Solok sendiri dengan Varietas Anak Daronya (ly).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *