UPTD BBI Sarasah Batimpo Fasilitasi AMT SMPIT Iqro

UPTD BBI Sarasah Batimpo Fasilitasi AMT SMPIT Iqro

Solok (dispertasolok), Dinas Pertanian Kota Solok melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Ikan Sarasah Batimpo Kota Solok memfasilitasi Kegiatan Achievement Motivation Training (AMT) yang dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2020 oleh Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Iqro Kota Solok.

Kegiatan AMT ini bertujuan untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan setiap tahun. UN terkadang menjadi momok yang menakutkan bagi siswa, orang tua, maupun guru. Dengan adanya kegiatan Achievement Motivation Training di harapkan menjadi suatu penambah semangat dan motivasi supaya tidak menjadikan UN sebagai suatu ketakutan tapi malah menjadi suatu tantangan.

Kegiatan Achievement Motivation Training ini berada di bawah bimbingan Sylva Febrina sebagai ketua, Tritasya Nurpasti sebagai bendahara, Putri Dintha dan Tarmizi sebagai anggota serta Ardie sebagai dokumentasi. Peserta yang turut serta dalam kegiatan ini sebanyak 56 orang yang terdiri dari siswa kelas IX SMP IT IQRA Kota Solok (35 orang Perempuan dan 21 orang laki laki).

Kegiatan AMT SMPIT Iqro’

Sylva Febrina mengatakan dengan dipilihnya lokasi UPTD BBI Sarasah Batimpo ini adalah lokasi yang cukup luas, Aula yang memadai dan menampung jumlah peserta, suasana yang lebih tenang dan jauh dari kebisingan, keadaan yang asri dan nyaman, dekat dengan sumber mata air sehingga di harapkan kegiatan Achievement Motivation Training ini bisa dilaksanakan secara Indoor serta Outdoor dan para Siswa pun bisa menikmati kegiatan ini.

Pemateri Achievement Motivation Training adalah Dosen FMIPA Universitas Andalas (UNAND) Padang, Abi Kurniadi Ilham. Hadir dalam kesempatan tersebut juga Koordinator Penyuluh Tingkat Kota Nazifah, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Benih Ikan Sarasah Batimpo Riri Kurniawan beserta jajaran.

Abi Kurniadi Ilham mengatakan UN bukanlah sebuah pertempuran. UN adalah sebuah kesempatan untuk membuktikan bahwa kamu bisa, jika kita menganggap adalah sebuah pertempuran besar, maka kamu akan berusaha mencari senjata sebanyak – banyaknya, termasuk senjata yang cenderung curang. Cobalah anggap ujian itu sebagai kesempatan dan peluang untuk membuktikan diri ke orang – orang sekitar bahwa kita bisa menempuhnya dengan mudah dan dengan cara yang benar.

“Sinergi antara keluarga, sekolah dan masyarakat merupakan gabungan yang tidak terpisahkan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Keluarga adalah pusat pendidikan pertama yang ditemui oleh setiap anak manusia. Sekolah adalah pusat pendidikan kedua bagi anak bangsa sebagai bekal untuk memakmurkan tanah kelahiran. Hidup bermasyarakat adalah pusat pendidikan ketiga untuk mengamalkan ilmu yang diperoleh di bangku sekolah maupun keluarga” papar Ilham.

Pemateri dari Unand menyampaikan materi

“Ada beberapa hal yang diperlukan dalam menjalani kehidupan, antara lain luruskan niat yaitu apa yang akan dicapai, kemudian merubah mindset atau pola pikir, yakin dengan tujuan, serta tawakal terhadap ALLAH SWT” lanjut pemateri.

Ketua Panita Kegiatan Sylva Febrina mengucapkan terimakasih atas kesediaan Dinas Pertanian Kota Solok khususnya UPTD Balai Benih Ikan Sarasah Batimpo atas kerjasama dalam menggunakan fasilitas yang ada.
“Kedepan dengan tempat dan pelayanan yang ada di UPTD BBI Sarasah Batimpo, kami dari SMP IT Iqro merasa sangat puas dan akan melaksanakan kegiatan lain seperti LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) Siswa, Best IQ dan Pramuka di tempat ini” kata Febriana bersemangat.

Ditambahkan juga oleh motivator Abi Kurniadi Ilham, bahwa keberadaan UPTD BBI Sarasah Batimpo sangat bermanfaat untuk kegiatan motivasi dan sejenisnya, dikarenakan lokasi serta kondisi yang sangat tenang, jauh dari kebisingan serta bisa meningkatkan daya kosentrasi para peserta kegiatan. Ilham berharap untuk kedepan nya bisa bekerja sama secara kontinyu dengan UPTD BBI Sarasah Batimpo Dinas Pertanian Kota Solok untuk acara seperti ini, baik untuk lingkup instansi, pendidikan dan masyarakat umum.

Sementara itu Kepala UPTD BBI Sarasah Batimpo Riri Kurniawan juga menyampaikan terimakasih atas kunjungan peserta acara Achievement Motivating Training (AMT) dan diharapkan UPTD BBI tidak hanya dikenal sebagai sentra bibit dan pembelajaran budidaya Perikanan Kota Solok dan sekitar nya tetapi juga sebagai lokasi untuk Agrowisata, baik untuk pemerintahan maupun masyarakat umum (yd).

Leave a Reply

Close Menu