Sinergi Petani dan Penyuluh dalam Menyusun Programa Penyuluhan Kecamatan Tanjung Harapan

Solok (dispertasolok), Programa Penyuluhan Pertanian merupakan Rencana Kegiatan Penyuluhan Pertanian yang memadukan aspirasi petani-nelayan dan masyarakat pertanian dengan potensi wilayah dan program pembangunan pertanian yang menggambarkan keadaan sekarang, tujuan yang ingin dicapai, masalah-masalah dan alternatif pemecahannya. Dasar Hukum Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian terdapat pada Permentan No. 47/Permentan/SM. 010/9/2016 tentang Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian. Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian dilakukan setiap tahun berjalan untuk dilaksanakan pada tahun berikutnya dan Penyusunan Programa dilakukan mulai dali tingkat wilayah Binaan (Desa/Kelurahan/Nagari), Tingkat Kecamatan, Kota, Provinsi hingga Nasional. Hal ini juga dilaksanakan di Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, dimana Penyuluh Pertanian Wilayah Binaan yang berada di BPP Kecamatan Tanjung Harapan terlebih dahulu menyusun Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kelurahan (Wilayah Binaan) pada Bulan Januari 2021 yang juga beriringan dengan pelaksanaan Musrenbang tingkat Kelurahan sehingga programa kelurahan besinergi dengan Programa Kelurahan yang dibuat oleh Penyuluh Pertanian di Wilayah Binaan

Sebagai Kelanjutan dari Penyusunan Programa Kelurahan, BPP Kecamatan Tanjung Harapan melalui Dinas Pertanian Kota Solok memfasilitasi pelaksanaan Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kecamatan Tanjung Harapan pada Selasa, 16 Februari 2021. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Penyuluhan Zeldi Efiza yang juga didampingi oleh Kasi Ketenagaan Fathoni Abdillah dan Koordinator Penyuluh Pertanian Kota Solok Nazifah. Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kecamatan Tanjung Harapan ini diketuai oleh Koordinator Penyuluh Pertanian BPP kecamatan Tanjung Harapan Siska Nofita dengan anggota Penyuluh Pertanian di BPP kecamatan Tanjung Harapan. Penyusunan Programa Tingkat Kecamatan Tanjung harapan dihadiri juga oleh undangan dari pelaku usaha pertanian yang terdiri dari KTNA, Gapoktan, Kelompoktani dan P3A sebanyak 20 orang yang mewakili setiap wilayah binaan yang ada di Kecamatan tanjung Harapan.

Dalam sambutannya Koordinator Penyuluh Pertanian Kota Solok menyampaikan bahwa dalam penyusunan programa penyuluhan pertanian ini dilakukan pengkajian permasalahan dari segala aspek baik teknis, sosial maupun ekonomi. Kemudan dilakukan pengkajian pemecahan permalahan tersebut. Programa Penyuluhan ini menjadi acuan bagi penyuluh dalam memberikan penyuluhan di lapangan karena programa penyuluhan pertanian ini nantinya akan diurai kembali menjadi Rencana Kerja tahunan Penyuluh Pertanian (RKTP) bagi setiap Penyuluh Pertanian Wilayah Binaan.

Kepala Bidang Penyuluhan yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Kota Solok memberikan sambutan sekaligus membuka acara penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kecamatan Tanjung Harapan. Zeldi Efiza menyampaikan bahwa penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian disinergikan dengan program-program di Dinas Pertanian dan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tanjung harapan. Selanjutnya disampaikan bahwa programa penyuluhan pertanian menggambarkan keadan sekarang, masalah, dan pemecahan masalah. Penyusunan programa ini diharapkan dapat mewujudkan petani maju, mandiri dan tangguh.

Acara inti, yakni ppenyusunan programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kecamatan Tanjung Harapan dipandu oleh Penyuluh Programa Kecamatan Tanjung Harapan Desi Armiaty. Desi memandu penyusunan programa dengan menampilkan draft matriks programa penyuluhan pertanian yang telah disusun oleh Tim penyusun programa kecamatan Tanjung Harapan. Dalam kegiatan ini petani sangat antusias untuk berpartisipasi menyampaikan aspirasi mereka dalam penyusunan programa penyuluhan pertanian Tingkat Kecamatan Tanjung Harapan kota Solok (sn).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *