Sediakan Daging Ayam ASUH, RPU-SK Siap Layani Masyarakat Kota Solok

Solok (dispertasolokkota) РSesuai amanat Undang- Undang No. 18 tahun 2019 pasal 61 dijelaskan bahwa Kegiatan Pemotongan Hewan/Unggas yang dagingnya diedarkan harus dilakukan di RPU dan mengikuti cara penyemblihan yang memenuhi kaidah kesehatan masyarakat veteriner. Menyikapi hal tersebut sejak tahun 2012  Dinas Pertanian Kota Solok terus berupaya meningkatkan pelayanan di (Rumah Potong Unggas Skala Kecil (RPU-SK) Kota Solok dan melengkapi sarana dan prasarana sesuai standar Rumah Potong Unggas.

Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Ikhvan Marosa menjelaskan ¬†bahwa saat ini RPU-SK telah memperoleh sertifikat halal dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Untuk mendapatkan sertifikat ini tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang lama, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh RPU-SK seperti adanya Juru Semblih Halal¬†(Juleha) bersertifikat, proses penyembelihan di RPU-SK dilakukan dengan tata¬†cara yang sudah diajarkan oleh agama Islam dan penilaian kehalalan dalam proses pemotongan di sana. Sertifikat halal ini berlaku dari tahun 2021 ‚Äď 2025.

RPU-SK juga telah memiliki Nomor Kontrol Veteriner (NKV) yang merupakan pengakuan/persyaratan hiegiene sanitasi dari pemerintah terhadap usaha pangan asal hewan. Selanjutnya kepala dinas menuturkan bahwa sampai tahun 2024 semua produk makanan dan minuman yang beredar di Indonesia harus memiliki/mencantumkan sertifikat halal pada produk yang diedarkannya.

Sedangkan Drh Amora yang menjabat Kepala Bidang Peternakan, keswan Kesmavet dan Perikanan menghimbau agar masyarakat dapat memesan/membeli ayam di RPU-SK Kota Solok untuk menjamin kehalalan daging ayam yang dimakan.

‚ÄúCoba kita bayangkan seandainya masyarakat memberi daging ayam, namun kehalalanya masih dipertanyakan. Keberadaan RPU-SK merupakan upaya pemerintah untuk menyediakan tempat pemotongan halal demi mewujudkan Kota Solok menjadi Kota Beras Serambi Madinah yang diberkahi, maju dan sejahtera‚ÄĚ tutur Amora.

RPU-SK Kota Solok telah menjalin kerjasama dengan LP Kelas II Solok. Daging ayam yang disediakan di lembaga pemasyarakatan tersebut harus terjamin kehalalannya. Untuk Kedepan RPU-SK Kota Solok juga siap bekerja sama dengan hotel, restoran, catering, pengusaha dan kelompok masyakarat lainnya  dalam penyediaan daging ayam yang halal. Masyarakat Kota Solok yang membutuhkan daging ayam Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH) dapat menghubungi kontak person HP WA Nomor  0823 5725 1013 atas  nama petugas RPU-SK, Ivan Kasanro (rmd-zlh).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *