Sambut Penas Tani ke XVI, Kota Solok Lakukan Tanam Perdana

Sambut Penas Tani ke XVI, Kota Solok Lakukan Tanam Perdana

Solok (dispertasolok). Dalam rangka menyambut Penas Tani ke XVI Tahun 2020 yang berlokasi di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyiapkan kunjungan ke lokasi penerapan teknologi yang tersebar di beberapa kabupaten/kota selain tuan rumah. Salah satu yang menjadi lokasi kunjungan adalah Kota Solok.

Untuk menyambut kunjungan dalam rangka Penas Tani tersebut, Kota Solok yang terkenal dengan padi sawahnya menyiapkan Panen Raya yang berlokasi di Area Sawah Solok dan direncanakan pada tanggal 21 Juni 2020.

Pada tanggal 9 Maret 2020 dilakukanlah tanam perdana untuk menyambut Penas Tani ke XVI ini. Hadir pada acara ini Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Chandra, Wakil Walikota Solok Solok, Reinier, Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Can, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Kepala Balai Besar Penelitian Padi Kementerian Pertanian, Kepala Balitbu Tropika Kementerian Pertanian, Kepala BPTP Sumatera Barat, Dandim 0309 Solok, Kepala OPD terkait Pemkot Solok, Ketua LKAAM Kota Solok dan Petani di Sawah Solok.

Tanam Perdana Padi

Dalam sambutannya, Chandra menyatakan bahwa Penas Tani ke XVI merupakan even yang telah lama ditunggu oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Sejak lama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengusulkan untuk menjadi tuan rumah dan baru disetujui di Penas Tani ke XV di Aceh untuk menjad tuan rumah Penas Tani ke XVI Tahun 2020.

Sementara Wakil Walikota Solok menyampaikan arahannya untuk mendukung kegiatan Penas Tani ke XVI Tahun 2020 ini. Kota Solok memiliki varietas unggul lokal yang bernama Anak Daro yang telah dilepas oleh Kementerian Pertanian Tahun 2007. Kota Solok bersama 5 kecamatan di Kabupaten Solok juga telah memiliki sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Kemenkumham. Dua sertifikat ini harus dijadikan keuntungan padi petani Kota Solok.

Rifky dari Balai Besar Penelitian Padi menyatakan siap mendukung Panen Raya Padi Sawah di Sawah Solok. Bahkan untuk mendukung Penas Tani ke XVI ini, beliau yang berkantor di Sukamandi Kabupaten Subang, sejak awal Februari sampai pelaksanaan Penas Tani ke XVI bulan Juni 2020 berkantor di Sumatera Barat.

Sambutan Wakil Walikota Solok

“Balai Besar Penelitian Tanaman Padi juga bersedia melakukan kerja sama dalam pemurnian sampai pelepasan varietas baru padi. Kami juga menawarkan varietas baru tinggi nutrisi ke Kota Solok, namun varietas ini bertekstur pulen. Bappenas menjadikan varietas tinggi nutrisi ini untuk menanggulangi stunting di beberapa wilayah di Indonesia” paparnya.

Pada acara ini juga diserahkan hadiah kepada Pemenang Lomba Kelompok Tani Pelaksana Jajar Legowo dan Teknologi Pertanian dan Lomba Penyuluh Inovator dalam Penerapan Teknologi Pertanian. Untuk Kelompok Tani Penerap Jajar Legowo, Juara I diraih Kelompok Tani Sarang Alang dari Kelurahan Laing, Juara II Kelompok Tani Harapan Baru dari Kelurahan Tanjung Paku dan Juara III Kelompok Tani Serba Usaha dari Kelurahan Tanah Garam.

Penyuluh Inovator dalam Penerapan Teknologi Pertanian, Juara I diraih Desi Armiaty, Juara II direngkuh Erlina Iswari dan Juara III direbut Melda.

Setelah Tanam Perdana, dilakukan juga tebar ikan di saluran irigasi sekunder yang merupakan kegiatan yang melibatkan pemuda di Kelurahan Sinapa Piliang. Kegiatan pemeliharaan ikan ini didukung oleh pemangku adat dan dibina oleh Dinas Pertanian Kota Solok.

Sebelum Tanam Perdana, pagi harinya bertempat di Ruang Rapat Wakil Walikota Solok, dilakukan audiensi tentang potensi pertanian Kota Solok dan rencana Kegiatan Panen Raya untuk menyambut Penas Tani ke XVI bulan Juni mendatang.(fa).

Leave a Reply

Close Menu