Salurkan Kreativitas Anak Muda, Pemko Solok Selenggarakan Aquascape Contest

Solok (dispertasolokkota) – Pandemi Covid-19 menuntut masyarakat untuk mencari celah usaha di tengah kesulitan usaha, tak terkecuali dengan anak muda. Selain kesulitan usaha, masyarakat juga dihadapkan pada porsi “di rumah saja” yang lebih besar. Bagi sebagian orang, kegiatan di rumah saja merupakan sesuatu yang membosankan.

Dengan situasi yang demikian rumit, anak muda kreatif di Kota Solok  sejak beberapa waktu lalu berinisiatif untuk membangkitkan seni “Aquascape”. Aquascape adalah suatu seni untuk menghias sebuah aquarium dengan batu, tumbuhan, ikan, atau rerumputan. Aquascape membutuhkan kreativitas tinggi untuk memadukan keharmonian antara tata letak, bentuk pencahayaan, warna, jenis tanaman/tumbuhan, jenis ikan dan jenis bebatuan.

Untuk mengadu kreativitas seni Aquascape ini, Pemerintah Kota Solok mengadakan Pameran Ikan Hias dan Aquascape Contest yang dipadu pada Festival Ekonomi Kreatif Tahun 2021 di Taman Istiqlal Kota Solok. Untuk acara Pameran Ikan Hias diadakan pada tanggal 15 – 18 Desember 2021. Sementara untuk Lomba Aquascape Contest dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Solok pada tanggal 17 Desember 2021 dan akan berlangsung sampai tanggal 18 Desember 2021.

Juri yang akan menilai merupakan Praktisi Aquascape Nasional, Tony Okta Epriadi dan Rahmat dari Lampung serta Sha Sansi dari Bangka Belitung. Lomba Aquascape Contest diselenggarakan dengan dua kategori yaitu Hardscape Nol dan Hardscape Jadi. Peserta yang telah mendaftar 40 peserta yang berasal dari Sumatera Barat, Jambi dan Bengkulu.

Penggagas kegiatan ini, Riri Kurniawan menuturkan tujuan Aquascape Contest untuk merangsang kreativitas anak muda dengan aktivitas yang bermanfaat dan bernilai tambah sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Solok ke 51.

“Aquascape Contest diharapkan meningkatkan perekonomian pelaku usaha ikan hias. Dengan memanfaatkan bahan yang tidak bernilai seperti tanaman jirak, sikaduduak dan tanaman air lainnya diubah menjadi produk yang bernilai tinggi dengan jiwa kreatif kita” kata Riri yang kini sebagai Kepala UPTD Balai Benih Ikan Kota Solok.

“Batu tambang dan batu yang berserakan lainnya yang terbuang juga bisa disulap menjadi pemandangan indah di ruangan” tambah Riri bersemangat.

Sementara itu Kepala Bidang Peternakan, Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Perikanan, Amora mengharapkan Kegiatan Lomba Aquascape dan Pameran Ikan Hias dapat memotivasi pelaku usaha ikan hias untuk dapat meningkatkan hasil produk sesuai permintaan pasar juga dapat menjadi sharing informasi atau tular pengalaman antara pencinta dan pelaku usaha ikan hias dalam menggeluti usaha budidaya ikan hias dan prospek untuk masa yang akan datang serta pemasaran hasil produksi.

Pada acara Aquascape Contes tersebut dipajang beberapa jenis ikan hias hasil budidaya anggota asosiasi ikan hias di Kota Solok. Beberapa jenis ikan, aquarium dan aquascape juga dijual untuk para pengunjung.

Keindahan Aquascape ini sangat menggoda penggemar keindahan interior di rumah. Berbeda dengan Aquarium yang hanya menekankan memelihara ikan dalam wadah kaca, aquascape menekan nilai estetika sangat tinggi. Tak heran produk aquascape bernilai jual sangat tinggi, bahkan ada yang bernilai puluhan juta.

Keluar sebagai pemenang pada Aquascape Contest kali ini untuk kategori Hardscape Nol adalah Bayu Efendi dari Jambi sebagai Juara I, Alfajri dari Kota Solok sebagai Juara II dan Victory dari Jambi sebagai Juara III. Pada kategori Hardscape Jadi keluar sebagai Juara I adalah Bayu Efendi dari Jambi, Juara II Alfajri dari Kota Solok dan Juara III Dedi dari Jambi (fa).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *