Petani Nan Balimo Antusias Mengikuti Sekolah Lapang

Petani Nan Balimo Antusias Mengikuti Sekolah Lapang

Solok (dispertasolok). Belajar tidak mengenal umur. Itulah yang dilakukan oleh Petani di Kelurahan Nan Balimo, tepat pada Kelompok Tani Bungo Padi. Mereka benar-benar mengamalkan Hadis Nabi yang berbunyi “Belajarlah kamu dari Ayunan sampai ke Liang Lahat”.

Anggota kelompok yang berjumlah 27 orang semua hadir, walaupun kuota peserta hanya 25 orang. Mereka mengikuti Sekolah Lapang Padi Tanam Terpadu (SLPTT) yang difasilitasi Dinas Pertanian Kota Solok. Sekolah Lapang yang pada Pertemuan Kedua dari Target Delapan Pertemuan ini diselenggarakan pada tanggal 27 Agustus 2019 bertempat di Sawah Anggota Kelompok Tani Bungo Padi, Meri.

Bertindak selaku Nara Sumber, Ismon Lenin dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat dan dipandu oleh Penyuluh Kota, Nazifah, Penyuluh Kecamatan, Siska Nofita dan Penyuluh Kelurahan, Nike Irawati serta dihadiri oleh Kepala Seksi Penerapan Teknologi, Fathoni Abdillah dan dari Bidang Penyuluhan Ricky.

Kepala Seksi Penerapan Teknologi dalam arahanya meminta kepada seluruh peserta sekolah lapang agar menjaga semangat untuk belajar sehingga antusiasme peserta pada hari ini terbawa sampai kepada pertemuan yang kedelapan.

Sementara itu Ismon dalam paparan materi menyampaikan keberhasilan usaha budidaya padi dimulai dari olah lahan/ Pengolahan lahan yang sempurna akan mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan padi. Hal lain yang mempengaruhi hasil panen adalah benih bersertifikat, Pemupukan yang Berimbang dan Pencegahan Hama dan Penyakit

Prantek Seleksi Benih

Sementara itu, Penerapan Teknologi termasuk Teknologi Tanam Jajar Legowo berpengaruh pada peningkatan produktivitas padi. Untuk jajar legowo 4:1 akan meningkatkan produksi padi sebesar 25% dan jajar legowo 2:1 akan meningkatkan produksi padi sebanyak 33%.

“Kelihatannya baris tanaman padi kita berkurang akibat pembuatan lorong kosong pada jajar legowo 4:1, namun satu baris lorong kosong tersebut diganti dengan 2 baris pada baris tepi sehingga kita untung satu baris setiap empat baris atau 25%” Tegas Peneliti Madya Pada BPTP ini.

Praktek Tanam Jajar Legowo

Sebelum paparan materi, peserta dipandu menyeleksi benih dan bertanam jajar legowo oleh penyuluh pertanian yaitu Nike Irawati, Siska Nofita dan Nazifah.

Untuk selanjutnya, sekolah lapang akan dilanjutkan pada pertemuan ketiga yang direncanakan dilaksanakan pada tanggal 4 September 2019 bertempat pada lokasi yang sama dengan materi pemupukan (fa).

Leave a Reply

Close Menu