Petani dan Penyuluh Kota Solok Semangat Susun Programa Penyuluhan Tahun 2022

Solok (dispertasolok), Programa penyuluhan pertanian disusun setiap tahun bertujuan untuk memberikan acuan dalam penyelenggaraan  penyuluhan pertanian di setiap tingkat kelembagaan penyuluhan mulai dari Tingkat Desa/Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian, Tingkat Kecamatan, Tingkat Kota dan Tingkat Provinsi. Programa Penyuluhan sebagai dasar  dalam menyusun rencana kegiatan tahunan penyuluh pertanian, selain itu juga untuk memberikan arah dan pengendali dalam pencapaian tujuan penyelenggaraan penyuluhan pertanian. Programa Penyuluhan Pertanian dibuat berdasarkan  Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 47 tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian yang merupakan penyempurnaan dari Peraturan Menteri Pertanian Nomor 25 tahun 2009.

Mengingat pentingnya penyusunan Programa penyuluhan pertanian ini maka Dinas Pertanian Kota Solok melakukan Penyusunan Programa Penyuluh Tingkat Kota Solok untuk Tahun 2022 pada Hari Selasa 23 Februari 2021 di Aula Dinas Pertanian. Penyusunan Programa Penyuluh Pertanian Tingkat Kota Solok ini merupakan kelanjutan dari penyusunan Programa Tingkat Kecamatan Lubuk Sikarah dan Kecamatan Tanjung Harapan yang sudah di dilakukan di masing masing Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kota Solok, Refendi, Dinas Pangan Kota Solok, Gusmanri, Kepala Bidang lingkup Dinas Pertanian Kota Solok, Penyuluh Pertanian se-Kota Solok, KTNA Kota Solok dan perwakilan pengurus Kelompoktani se-Kota Solok. Kegiatan ini dibatasi hanya untuk 40 orang peserta dikarenakan Dinas Pertanian Kota Solok harus tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19 demi menjaga diri dari virus corona.

Dalam sambutan pembukaan, Sekretaris Dinas Pertanian Kota Solok menyampaikan pentingnya data akurat untuk menyusun programa penyuluhan. “Diharapkan pada penyusunan programa kali ini, tercipta terobosan dan inovasi baik dalam bentuk metode penyuluhan yang direncanakan penyuluh dengan petani/kelompok tani untuk meningkatkan efektivitas pencapaian hasil penyuluhan” tutur Refendi.

Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kota Solok dimulai dengan pemaparan rencana kegiatan untuk Tahun 2022 dari masing masing bidang di Dinas Pertanian Kota Solok. Selain itu, Dinas Pangan Kota Solok juga menyampaikan rencana program dan kegiatan pada tahun 2022 karena kegiatan Dinas Pangan masih ada keterkaitan dengan Dinas Pertanian Kota Solok. Zeldi Efiza Selaku Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kota Solok menyampaikan bahwa setiap usulan kegiatan dari petani harus disertai dengan proposal Kelompoktani. Kelompoktani itu juga harus terdaftar di Simluhtan. Dengan terdaftarnya petani di Simluhtan, berarti petani tersebut hanya dapat terdaftar  pada satu kelompoktani  yang artinya bantuan yang disalurkan tepat sasaran.

Kegiatan utama dari penyusunan programa ini yaitu pembahasan matrik programa Penyuluh Pertanian Tingkat Kota Solok untuk tahun 2022. Dengan memposisikan programa pertanian secara strategis diharapkan masalah yang selama ini dirasakan menghambat persiapan, perencanaan, pelaksanaan programa penyuluhan pertanian dapat diatasi.

Penyuluhan pertanian merupakan pembelajaran bagi pelaku utama/usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasi dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan dan sumber daya lainnya sebagai upaya peningkatkan produktivitas, pendapatan, dan kesejahteraan serta kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup (ly).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *