Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Salurkan Bantuan kepada Petani

Solok (dispertasolokkota), Dinas Pertanian Kota Solok menerima kunjungan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Komisi V Daswirpetra Datuk Manjinjing Alam pada tanggal 9 Juni 2022. Kunjungan ini terkait Penetapan Calon Penerima Bantuan Alat Dan Mesin Pertanian (Alsintan) untuk Sektor Pertanian Kota Solok di Aula BPP Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Pertanian Kota Solok beserta jajarannya beserta Kelompok Calon Penerima Bantuan Alsintan Tahun 2022.

ā€œPenggunaan Alsintan sangat penting dan bermanfaat dalam membantu petani dalam mengolah lahan dan hasil pertanian sehingga menjadi cepat dan efisien. Dengan adanya bantuan ini petani diharapkan lebih giat, lebih bersemangat dan termotivasi, sehingga ke depannya produksi pertanian akan semakin meningkat dan semakin meningkat pula kesejahteraan para petani. Untuk itu perlu kiranya petani mengoptimalkan penggunaan alsintanā€ tutur Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Ikhvan Marosa.

Kepala Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat,Ā yang diwakili oleh Susita Yusfi menyampaikan pesan bahwasanya petani dan kolompok tani diharapkan benar-benar memanfaatkan bantuan sehingga dapat membantu kesejahteraan petani.

Sementara itu, Daswirpetra menyampaikan Bantuan Alsintan untuk Kota Solok dialokasikanĀ 35 unit yakni sebanyak 20 unit untuk Kecamatan Tanjung Harapan dan 15 unit untuk Kecamatan Lubuk Sikarah. Bantuan iniĀ sesuai dengan proposal yang telah diajukan sebelumnya yaituĀ BajakĀ Kura-kura (Hidrotiller 5Ā½PK).

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat asal Kota SolokĀ juga menyampaikan harapannya ke kelompok tani penerima bantuan untuk dapat menjadikan bantuan ini sebagai pemupukan modal kelompok dengan cara kerja sama petani dan kelompok taniĀ sehingga dapat membantu kelompok dalam pemeliharaan bantuan alsintan.

ā€œMasih ada beberapa bantuan yang ada di Pemerintah Provinsi Sumatera Barat seperti bantuan bibit pinang sebanyak 3.000 batang dan bantuan 5000 benih ikan. DiharapkanĀ kelompok yang sangat membutuhkan segera mengirimkan proposal ke PropinsiĀ melalui dinas terkaitā€ terang mantan Anggota DPRD Kota Solok ini (ay).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *