Pantau Kondisi Pembibitan Ikan, Ketua Komisi III Kunjungi BBI Kota Solok

Solok, (dispertasolokkota) ā€“Ā Ketua Komisi III DPRD Kota Solok, Yoserizal berkesempatan mengunjungi UPTD Balai Ikan (BBI) Sarasah Batimpo Kelurahan Laing Kota Solok, Rabu (16/03).

Pada Kesempatan ini Ketua Komisi III DPRD Kota Solok meninjau kondisi UPTD BBI baik itu komoditas yang ada maupun sarana prasarana yang ada.

Yoserizal menyampaikan bahwa dengan adanya UPTD BBI Sarasah Batimpo, Keberadaan bibit Ikan dapat diakomodasi untuk kebutuhan masyarakat Kota Solok dan sekitarnya. Ketua Komisi III DPRD Kota Solok manambahkan agar UPTD BBI Sarasah Batimpo lebih dikenal lagi sebagai sentral Pembenihan Benih Ikan di Kota Solok.

Selain itu, orang nomor satu di Komisi III DPRD Kota Solok ini mengharapkan supaya akses menuju lokasi UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Sarasah Batimpo lebih dioptimalkan karena UPTD BBI Sarasah Batimpo tidak hanya untuk pembeli benih/ bibit, namun juga menjadi destinasi wisata bagi masyarakat yang ingin menikmati pemandangan Air Terjun Sarasah Batimpo.

Hal ini diperkuat oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Zulkifli, SP. yang mendampingi kunjungan pada kesempatan ini bahwa UPTD BBI Sarasah Batimpo telah melaksanakan kerjasamaĀ (MoU)Ā dengan Sekolah Jurusan Perikanan yaitu SMKN 10 Kota Padang.Ā MoUĀ berlangsung selama 3 tahun dan di harapkan bisa juga melaksanakan kerjasama dengan sekolah perikanan lainnya, baik yang ada di Sumbar maupun yang dari luar Sumbar.

UPTD BBI Sarasah Batimpo, juga kerap menerima kunjungan Siswa/ Siswi dari Kota Solok, antara lain dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam rangka Wisata Edukasi Perikanan.

Sementara itu, Kepala UPTD BBI Sarasah Batimpo, Riri Kurniawan, S.S.Pi menyampaikan bahwa akan diadakan kerjasama UPTD BBI Sarasah Batimpo dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Barat.

ā€œBentuk Kerjasama adalah dengan Penebaran ikan Endemik (Lokal) seperti Ikan GaringĀ (Tor tambroides).Ā Selain itu Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Barat juga akan melaksanakan kerjasama pengadaan Benih Ikan Koi. Hal ini berhubungan dengan akan dilaksanakannya Penas (Pekan Nasional) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI yang akan di hadiri sekitar 30 sampai 50 ribu orang petani-nelayan dari seluruh Indonesia. Oleh sebab itu Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Barat akan berpartisipasi pada ajang tersebut,ā€ tegas Kepala UPTD BBI.

Yoserizal juga berkunjung ke Sumber Mata Air untuk Perkolaman UPTD BBI Sarasah Batimpo yaitu Air Terjun Sarasah. Dengan adanya air terjun diharapkan bisa untuk lokasi wisata baru di Kota Solok. Hal ini di butuhkan kerjasama dari dinas Terkait yang menangani hal ini (ay).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *