Kopediperta Langsungkan Pemilihan Pengurus Baru pada RAT Tahun Buku 2020

Solok (dispertasolok), Koperasi Dinas Pertanian Tanaman Pangan (Kopediperta) Kota Solok sebagai wadah organisasi koperasi yang berada di lingkup pegawai Dinas Pertanian dan alumni pegawai Dinas Pertanian. Keanggotaan Kopediperta untuk tahun buku 2020 sebanyak 88 orang yang tersebar di Dinas Pertanian, OPD di Pemerintah Kota Solok, pegawai yang telah purna tugas dan ASN yang telah pindah ke daerah lain. Kopediperta berdiri sejak Tahun 1981 ini mempunyai kegiatan utama koperasi bergerak pada kegiatan jasa simpan pinjam.

Kopediperta Kota Solok mengadakan Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2020 pada tanggal 17 Februari 2021 di Aula Dinas Pertanian Kota Solok dengan menerapkan protokol kesehatan.  Kehadiran peserta dalam ruangan dibatasi 40 orang saja, sedangkan selebihnya melalui virtual meeting.

Turut hadir pada RAT ini Kepala Dinas Pertanian Kota Solok Ikhvan Marosa, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM kota Solok yang diwakili oleh Hasrul Hendi, Ketua Dekopinda Kota Solok Fatrial Panai. Kegiatan RAT Kopediperta kali selain laporan Pengurus dan Pengawas Tahun Buku 2020 juga sekaligus pemilihan dan Penetapan pengurus periode 2021-2023.

Kepala Dinas Pertanian Kota Solok dalam sambutannya menyampaikan bahwa perjalanan Kopediperta sudah cukup baik. Kepala Dinas mengharapkan Kopediperta menjadi lebih maju dan dilakukan regenerasi kepengurusan. “Sangat diharapkan pada pemilihan pengurus-pengawas 2021-2023 tidak mengganti keseluruhan. Minimal ada satu atau dua pengurus-pengawas yang lama dan ditambah pengurus yang baru” tutur Kepala Dinas.

“Perjalanan Kopediperta dalam 3 tahun terakhir cukup baik dan RAT sudah berjalan tepat waktu” Tandas Hasrul Hendi yang menjabat sebagai Kepala Seksi Kelembagaan Koperasi pada DPKUKM ini. Hasrul juga menerangkan agar Kopediperta jangan terlalu terburu untuk mengubah AD ART ke Pola Syariah.

Ketua Dekopinda Kota Solok menjelaskan bahwa alur perjalanan kopediperta sudah sesuai jalurnya mengikuti harapan dan keinginan masyarakat serta pimpinan daerah untuk menggalakkan program koperasi berpola syariah.

Untuk Efektivitas waktu, Pengurus-Pengawas Kopedipeŕta periode 2018-2020 sudah melakukan penjaringan usulan calon pengurus-pengawas 2021-2023 melalui Aplikasi Google Form sehingga didapatkan usulan calon pengurus-pengawas untuk disepakati pada RAT kali ini.

Adapun RAT kali ini menerima laporan pengurus-pengawas Tahun Buku 2020 dan menetapkan pengurus-pengawas Periode 2021-2023. Kepengurusan terpilih yaitu selaku Ketua Kopediperta Edi Haryanto, Sekretaris Efal Afriandoni, Bendahara Zulfitriyana. Sedangkan Pengawas diketuai oleh Amora dan anggota terdiri dari Denny Susanti dan Fathoni Abdillah.

Edi Haryanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa amanah ini cukup berat apalagi dengan koperasi yang sedang memperbaiki AD/ART ke Pola Syariah. Sehingga dukungan dan kerjasama semua pihak sangat diperlukan guna menunaikan amanah ini (ea).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *