Kolaborasi Lintas Sektoral Mendukung Suksesnya Kostratani

Solok (dispertasolok), Kostrada merupakan Komando Strategi Pembangunan Pertanian Daerah di Kabupaten/Kota yang dikomandoi langsung Kepada daerah Bupati/Walikota. Pada hal ini Kostarada Kotas Solok di komandoi langsung oleh Walikota Solok, Zul Elfian, sedangkan komandan pelaksanaan hariannya yaitu Kepala Dinas Pertanian Kota Solok. Anggota dari Kostrada ini sendiri yaitu Kepala Dinas Pangan, Peneliti, Widyaiswara, Dosen, Koordinator BPP, Penyuluh Pertanian Lapangan serta petugas lainnya yang terkait.

Adapun salah satu dari tugas Kostrada yaitu melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi terpadu pada program dan kegiatan pembanguna pertanian di daerahnya. Pada hari Selasa, 15 Desember 2020 dilaksanakan Rapat Evaluasi Kegiatan Kostrada di BPP Kecamatan Lubuk Sikarah. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Balitbu Tropika selaku Pembina Kostratani BPP Kecamatan Lubuk Sikarah yang dihadiri oleh Mizu Istianto, Kepala BPTP Sumatera Barat yang dihadiri oleh Zul Irfan, Rektor Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Kota Solok yang dihadiri oleh Wakil Rektor UMMY, Zona Rida Rahayu, Kepala Dinas Pertanian Kota Solok yang dihadiri Kepala Bidang Penyuluhan, Zeldi Efiza, Kepala Dinas Pangan Kota Solok yang dihadiri oleh Sekretaris Dinas, Gusmanri dan Penyuluh Pertanian se – Kota Solok.

Zul Irfan selaku LO Kostratani Kota Solok dari BPTP Sumatera Barat menyampaikan bahwa pada saat ini seluruh BPP di Sumatera Barat termasuk BPP Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok sudah terkoneksi ke Agriculture War Room (AWR) Kementrian Pertanian melalui laporan kostratani yang rutin dilaporkan setiap minggunya oleh Admin Kostratani di BPP. Namun baru hanya sebatas terkoneksi tetapi belum lengkap. Hal ini dikarenakan ada beberapa data  bersumber dari OPD/Instansi lain yang lintas sektoral belum diperoleh. Peneliti bergelar doktor ini menyayangkan belum adanya Sekretariat Kostrada di Kota Solok. Dengan adanya Sekretariat Kostrada diharapkan tugas-tugas dari Kostrada dapat berjalan lebih baik lagi.

Dengan adanya evaluasi ini, diharapakan permasalahan-permasalahan yang dihadapi selama tahun 2020 seperti permasalahan data dapat terpecahkan dengan adanya kerjasama dan kolaborasi dengan OPD/instansi terkait dengan data tersebut. Setelah evaluasi ini dilaksanakan, maka Kostrada dapat menyusun  Rencana Program Pembangunan Pertanian di Kota Solok yang akan dilaksanakan di Tahun 2021 nantinya. Rapat tentang pembahasan rencana Program dari Kostrada ini direncanakan diadakan di akhir Desember 2020.

Pada acara ini juga dilakukan penyerahan simbolis Bantuan Bibit dan Saprodi Pertanian dari Dinas Pertanian Kota Solok kepada BPP Kecamatan Lubuk Sikarah guna mendukung BPP Kecamatan Lubuk Sikarah menjadi BPP Model Kostratani (ly).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *