Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar Serahkan Green House ke Poktan Payo

Solok (dispertasolok), Pada Hari Selasa 29 Desember 2020 telah dilaksanakan penyerahan pengelolaan Greenhouse dari Direktorat Jenderal Hortikultura melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat ke Kelompoktani Tuah Sepakat Payo Kelurahan Tanah Garam. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Safrizal, Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Ikhvan Marosa, Kepala Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kota Solok, Yubidarlis, Kepala Bidang Penyuluhan, Zeldi Efiza, Penyuluh Pertanian se-Kota Solok serta anggota kelompoktani di Payo Kelurahan Tanah Garam.

Paket bantuan ini langsung diserahkan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikulturan dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Syafrizal kepada Habisian selaku ketua Kelompoktani Tuah Sepakat dan disaksikan oleh seluruh undangan yang hadir. Bentuk paket bantuan yang diberikan yaitu berupa bangunan greenhouse seluas 1000 m2 yang dibangun menjadi 4 bangunan. Selain itu ada juga bantuan saprodi yaitu seperti pupuk, bibit krisan dan arang sekam. Bantuan ini berasal dari APBN dan APBD.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat Syafrizal menyampaikan bahwa greenhouse yang dibangun oleh pemerintah ini merupakan stimulant bagi kelompoktani agar pengembangan tanaman krisan di Kelompoktani Tuah Sepakat dapat lebih berkembang, dan diharapakan petani di Payo dapat meneruskan dan melanjutkan kegiatan pengembangan krisan ini untuk kedepannya walaupun dengan ataupun tanpa adanya bantuan dari pemerintah lagi.

Selain dari penyerahan pengelolaan greenhouse, dilakukan pula penanaman serentak bunga krisan di dalam greenhouse. Bibit krisan yang ditanam didatangkan langsung dari Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) Kementerian Pertanian RI di Cipanas. Salah satu jenis varietas unggulan krisan yang ditanam di greenhouse yaitu Jayanti. Bunga krisan ini dapat dipanen pada umur tiga bulan sepuluh hari.

Seperti diketahui, Wilayah Payo di Kota Solok sedang dikembangkan Komoditas Bunga Krisan sejak Tahun 2017 melalui Agrowisata Payo. Greenhouse ini melengkapi dua bangunan greenhouse sebelumnya yang dikelola oleh Gapoktan Payo Sepakat. Namun hasil panen Bunga Krisan dari dua greenhouse ini belum mampu memenuhi permintaan pasar regional yang sangat tinggi. Dinas Pertanian Kota Solok terus mengembangkan Agrowisata Payo dan mulai awal tahun ini telah dikembangkan Komoditas Kopi Payo untuk mendampingi Komoditas Bunga Krisan (ly).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *