Kedepankan Teknologi Informasi, Kementerian Pertanian Luncurkan Kostratani

Kedepankan Teknologi Informasi, Kementerian Pertanian Luncurkan Kostratani

Solok (dispertasolok). Kementerian Pertanian meluncurkan Program Utama yang diberi nama Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani). Komando Strategis Pembangunan Pertanian (kostratani) adalah gerakan pembaharuan pembangunan pertanian nasional berbasis Teknologi Informasi melalui optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian.

Pada tanggal 12 Maret 2020, Dinas pertanian Kota Solok menyelenggarakan Sosialisasi dan Supervisi Konstratani yang bertempat di Aula Bapedda Kota Solok. Hadir pada acara ini Asisten II, Kapala Balitbu Tropika, Perwakilan dari BPTP. Acara ini juga diikuti oleh beberapa unsur terkait seperti Dinas Kominfo, Bappeda, Dinas Pangan, Penyuluh Pertanian, Camat dan KTNA.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Ikhvan Marosa. Beliau menyampaikan bahwa Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Konstratani) merupakan gerakan pembaharuan pembangunan pertanian nasional yang berbasis Teknologi Informasi melalui optimalisasi tugas dan fungsi BPP serta bertujuan untuk membangun ekosistem pertanian lewat digital.

“Syarat dari BPP yang ditunjuk sebagai konstratani ini yaitu lokasi BPP yang strategis, wilayah BPP dengan sentra padi yang luas, SDM mempuni, serta kesiapan sarana dan prasarana BPP dalam mendukung Konstratani di Kota Solok” lanjut Kepala Dinas Pertanian Kota Solok tersebut.

Sementara itu Asisten II yang sekaligus bertindak selaku Sekretaris Daerah pada saat itu, Jefrizal menyampaikan bahwa kita sekarang telah masuk kedalam era 4.0 yang artinya semua kegiatan telah berbasis teknologi. Beliau juga menyampaikan bahwa dinamika masyarakat Kota Solok masih sangat dipengaruhi oleh sektor pertanian, dan sangat diharapkan dukungan penuh dari semua stekholder yang terkait dalam membangun pertanian di Kota Solok.

Nara sumber pada acara ini yaitu Zul Irfan dari BPTP Sumatera Barat yang merupakan Koordinator Laison Officer (LO) Kota Solok tentang Kontratani ini menekankan bahwa pada Konstratani ini BPP akan menjadi pusat data sehingga nanti akan didapatkan single data yang dapat dipakai oleh masyarakat Kota Solok.

Zul Irfan menyampaikan Sosialisasi Kostratani

Acara hari ini selain dari Sosialisasi Konstratani juga dilakukan supervisi Konstratani yang langsung dipimpin oleh Kepala Balitbu Tropika Ellina Mansyah. “Sinerginitas semua unsur yang artinya semua unsur terkait harus saling berkoordinasi demi mendukungnya pembangunan pertanian di Kota Solok dan validasi data yang ada di BPP sangat diperlukan” tandas Kepala Balitbu.

Di Sumatera Barat aka nada 93 Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang akan diikutsertakan dalam kegiatan Konstratani dan untuk Kota Solok ada satu BPP yang akan diikutsertakan yaitu BPP Lubuk Sikarah yang dipimpin oleh Rahmad Yendi selaku Koordinator BPP.

Dengan adanya Konstratani di Kota Solok diharapkan semua unsur terkait dapat turut serta berperan dalam membangun pembangunan pertanian di Kota Solok dan juga akhirnya petani dapat merasakan efek dari Konstratani ini (ld).

Leave a Reply

Close Menu