Kawal Beras Solok Anak Daro ber-IG, Dinas Pertanian Lakukan Panen Bersama Petani

Solok, (dispertasolokkota) – ‚ÄúMaka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan‚ÄĚ, kalimat yang ada pada Surat Ar-Rahman yang disebut berulang-ulang. Kalimat ini agar manusia senantiasa bersyukur atas nikmat yang ada, terutama bagi masyarakat kota Solok. Bagaimana tidak, di sela gerimis yang telah menyapa Kota Solok ¬†sejak beberapa hari terakhir, masyarakat khususnya petani di Wilayah Gawan Kelurahan Tanah Garam masih bisa melaksanakan Panen Raya Padi Varietas Anak Daro bersama Dinas Pertanian Kota Solok dan unsur terkait lainnya.

Siapa nyana, Slogan ‚ÄúSolok kota Beras dan Kota Serambi Madinah‚ÄĚ pantas melekat pada kota kecil ini, sebagai kota penghasil beras dengan cita rasa yang sudah ‚Äútanamo‚ÄĚ Kota Solok juga merupakan kota yang ramah dengan peradaban yang tidak meninggalkan syariat islam di setiap lini kehidupan.

 

Sebagai wujud rasa syukur tersebut, Dinas Pertanian Kota Solok bersama Penyuluh Pertanian dan  unsur terkait selalu melakukan pembinaan terhadap masyarakat tani untuk membudidayakan padi Anak Daro, mulai dari penanaman sampai ke tahap panen, salah satunya pelaksanaan panen raya padi anak daro yang dilaksanakan bersama di salah satu lahan sawah kelompok tani Sadar Gawan (lahan tanam perdana bersama Walikota Solok) di Kelurahan Tanah Garam pada Senin 20 Desember 2021.

Panen Raya ini juga diikuti oleh Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Solok, ketua dan pengurus Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Beras Solok (MPIG-BS), perwakilan dari Balai Pengawasan Sertifikasi Benih Pertanian (BPSBP), Ketua Gapoktan Mutiara Tani serta petani pelaksana demplot padi Anak Daro di Simpang Rumbio dan Aro IV Korong.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan,¬†Yubidarlis mengatakan pada laporannya ‚ÄĚKota Solok telah mendapatkan Indikasi Geografis (IG) untuk Beras Solok Varietas Anak Daro dari Kementerian Hukum dan HAM RI pada tahun 2018 silam. IG ini merupakan identitas kemurnian dan keaslian dari Beras Solok Varietas Anak Daro (untuk Kota Solok) dan Varietas¬†Cisokan (untuk Kabupaten Solok), maka dari itu perlu dilakukan pengawalan dan pengawasan dari MPIG-BS dan pemerintah beserta kelompok tani, agar didapatkan produksi asli Bareh Solok Anak Daro mulai¬†dari penanaman sampai ke tahap panen dan pengolahan hasil panen.

‚ÄúDi Tahun 2021 ini, untuk memproduksi Beras Anak Daro yang ber-IG Dinas Pertanian Kota Solok memprogramkan bantuan benih Anak Daro seluas 10 Ha yang demplotnya tersebar di wilayah Simpang Rumbio dan Aro IV Korong, yang pada akhirnya akan menghasilkan Beras Anak Daro berlabel IG. Untuk itu kami harapkan MPIG-BS dapat mengawal kegiatan ini dan memberikan register IG terhadap produksinya nanti‚Ä̬†tutur Yubidarlis.

‚ÄúSelain bantuan benih seluas 10 Ha, pemerintah juga menganggarkan bantuan sarana prasarana berupa mesin packing¬†untuk mempaking bareh Anak Daro dan diberi label serta nomor register IG oleh MPIG-BS‚ÄĚ, tambahnya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Ikhvan Marosa pada sambutannya mengatakan “Bareh Solok Bareh Tanamo, dengan adanya demplot padi Anak Daro seluas 10 Ha ini, hendaknya dapat dikawal pengembangannya mulai dari pemakaian benih yang bersertifikat untuk menghasilkan Bareh Solok yang terjamin keasliannya.

Selain Pemerintah juga memfasilitasi masyarakat pada pemasaran, pengawasan terhadap harga Beras Solok Anak Daro ber-IG ini perlu diperhatikan, harus ada kesepakatan dengan calon pembeli, jangan sampai petani ditekan oleh para tengkulak/calo, dalam menetapkan harga jual sebaiknya juga dipertimbangkan biaya produksi yang besar, pengawasan terhadap harga juga perlu dilakukan agar petani tidak dirugikan. Butuh kerjasama yang kuat di semua sektor untuk mencapai tujuan ini.

Beras Solok Anak Daro terjamin keaslian dan kemurniannya dengan adanya indikasi geoografis, petani pun mendapatkan harga jual yang sesuai yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan petani yang berimbas terhadap peningkatan kesejahteraan petani.(ma)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *