Diskusi Hangat Petani Pada Penyusunan Programa Penyuluhan Kecamatan Lubuk Sikarah

Solok (dispertasolok), Menurut Permentan No.47/Permentan/SM.010/9/2016 tentang pedoman penyusunan programa penyuluh pertanian, Programa Penyuluhan Pertanian adalah Rencana tentang kegiatan penyuluhan partisipasi yang memadukan aspirasi petani, masyarakat pertanian dengan potensi wilayah dan pertanian yang menggambarkan keadaan sekarang, tujuan yang ingin dicapai masalah-masalah dan alternatif pemecahannya serta cara mencapaian tujuan yang disusun secara partisipatif, sistematis dan tertulis setiap tahun. Programa penyuluhan pertanian sebaiknya disusun di awal tahun beriringan dengan Musrenbang yang telah dilaksanakan pada masing-masing kelurahan.

Maka dari itu, pada hari selasa 9 Februari 2021, dilaksanakan penyusunan programa penyuluhan pertanian Kecamatan Lubuk Sikarah tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Penyuluhan, Zeldi Efiza, Kepala Seksi Metode dan Informasi, Sabrianova Dairoza, Kepala Seksi Ketenagaan, Fathoni Abdillah, Penyuluh Pertanian Kecamatan Lubuk Sikarah dan 20 perwakilan Kelompoktani yang ada di Kecamatan Lubuk Sikarah.

Kepala Bidang Penyuluhan mewakili Kepala Dinas Pertanian Kota Solok membuka secara resmi Acara Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Kecamatan Lubuk Sikarah. Dalam sambutannya, Kepala Bidang yang akrab dipanggil “Bu Ef” juga menyampaikan bahwa penyusunan programa penyuluhan pertanian ini merupakan suatu hal yang sangat penting dalam aspek penyuluhan pertanian karena Programa penyuluhan merupaka acuan penyuluh pertanian dalam melaksanakan penyuluhan di tahun 2022 nanti.

“Melalui programa inilah penyuluh dapat merencanakan bentuk kegiatan penyuluhan secara partisipatif sesuai kebutuhan pelaku utama dan pelaku usaha. Penyusunan programa di maksudkan untuk memberikan arah, pedoman, dan alat pengendali pencapaian tujuan penyelenggaraan penyuluhan. Serta diminta peran aktif dari peserta yang hadir terutama usulan dan aspirasi dari petani demi mewujudkan Programa Penyuluhan Tingkat Kecamatan Lubuk Sikarah tahun 2022” tutur Zeldi Efiza.

Penyuluh Pertanian Programa Kecamatan Lubuk Sikarah, Lidia Yuliana memandu jalannya penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Kecamatan Lubuk Sikarah Tahun 2022. Hasil dari Penyusunan Programa ini adalah Matriks Programa Penyuluhan Pertanian Kecamatan Lubuk Sikarah Tahun 2022.

Di dalam matriks programa ini terpapar tentang keadaan, permasalahan, tujuan serta kegiatan penyuluhan seperti apa yang kiranya dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di lingkup petani. Pada Penyusunan Programa Penyuluhan Kecamatan Lubuk Sikarah tahun 2022 ini didapatkan beberapa usulan dan aspirasi petani tentang beberapa komoditi yang memiliki potensi untuk dikembangkan di Kecamatan Lubuk Sikarah, seperti tanaman porang, jahe, buah naga, kemiri, dan kapulaga (ly).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *