Dinas Pertanian Selenggarakan Forum OPD dengan Protokol Kesehatan Ketat

Solok (dispertasolok), Dalam upaya menyelaraskan Visi dan Misi Walikota dan Wakil Walikota Solok yang tertuang dalam RPJMD dengan aspirasi masyarakat Kota Solok untuk mewujudkan perencanaan yang partisipatif sekaligus teknokratif pada Bidang Pertanian dan Perikanan maka diselenggarakanlah Forum OPD Dinas Pertanian pada tanggal  17 Maret 2021 bertempat di Aula Bappeda Kota Solok. Acara ini hanya dibatasi 45 orang peserta dengan menerapkan protokol kesehatan mengingat masih dalam kondisi Pandemi Covid 19.

Hadir dalam acara pembukaan Sekretaris Daerah Kota Solok, Syaiful A., Kepala Dinas  Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Maswal Noor, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi  Sumatera Barat  yang diwakili oleh Kepala Bidang Produksi dan Teknologi, Darmayanti.   Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Ikhvan  Marosa, Kepala OPD terkait, Camat, Fasilitator Kecamatan, Koordinator Laboratorium Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman, Sekretaris Dinas Pertanian Kota Solok, Seluruh Kepala Bidang pada Dinas Pertanian Kota Solok, Koordinator Penyuluh Pertanian Tingkat Kota dan tingkat Kecamatan serta dari Kelembagaan Tani berjumlah sekitar 22 peserta yang terdiri dari petani  yang merupakan Perwakilan Kelompok Tani, Gapoktan, P3A, Pokdakan serta dari MPIG Kota Solok.

Pada sambutan sekaligus pembukaan Forum OPD Dinas Pertanian, Sekretaris Daerah Kota Solok yang mewakili Walikota Solok menyampaikan bahwa pembangunan pertanian sebagai salah satu penggerak pembangunan nasional, secara umum telah ditetapkan sebagai kerangka ¬†landasan dalam sasaran umum Kebijakan Kementerian Pertanian Tahun 2020 ‚Äď 2024 yang akan mewujudkan pertanian yang Maju, Mandiri dan Modern yang ditandai dengan adanya peningkatan pendapatan petani, kesinambungan sektor pertanian budidaya dan meningkatnya daya saing komoditi pertanian.

Untuk mewujudkan paradigma  pembangunan pertanian tersebut diperlukan peran serta dari Penyuluh Pertanian yang merupakan ujung tombak dinas dalam melaksanakan pembangunan pertanian.

‚ÄúWalaupun ditengah Pandemi Covid 19, tapi kita masih mampu menjaga kebutuhan pangan kita, dan dari Sektor Pertanian masih memberikan kontribusi yang positif terhadap PDRB Kota Solok‚ÄĚ tutur Syaiful A.¬†Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah menyampaikan apresiasi kepada para petani atas ikhtiar yang diberikan sehingga ¬†kebutuhan pangan kita tetap terpenuhi.

Maswal Noor atas nama Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat menyampaikan paparan bahwa saat ini sesuai dengan Visi Gubernur Sumatera Barat yaitu Terwujudnya Sumatera Barat Madani yang Unggul dan Berkelanjutan yang dijabarkan dalam Program dan Kegiatan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan  melalui Misi ketiga yaitu Meningkatkan Nilai Tambah dan Produktivitas Pertanian, Perkebunan, Peternakan Dan Perikanan.

‚ÄúIsu strategis Pembangunan Pertanian Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 diantaranya mengendalikan ¬†dan menahan laju alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian, peningkatan kapabilitas petani dan penguatan kelembagaan ¬†tani, masih tingginya tingkat kehilanbgan hasil pertanian serta belum optimalnya infrastruktur pertanian‚ÄĚ papar Maswal.

‚ÄúBeranjak dari Isu Strategis tersebut dijabarkan ke¬†dalam Enam¬†Program Dinas Tanaman Pangan,¬†Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat sesuai Permendagri Nomor¬†90 Tahun 2019‚ÄĚ lanjutnya.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat menyampaikan isu strategis antar lain ancaman penurunan produksi dan produktivitas ternak, ketersediaan pakan ternak berkualitas yang terbatas, kualitas produk hasil ternak yang masih rendah serta penguatan kelembagaan peternakan yang belum optimal. Untuk itu ditetapkan sasaran  pembangunan peternakan antara lain untuk meningkatnya produksi pangan asal ternak, meningkatnya status kesehatan hewan serta meningkatnya nilai tambah komoditi peternakan.

Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Ikhvan Marosa dalam paparannya menyampaikan visi Walikota Solok terpilih Tahun 2021 ‚Äď 2024 adalah Mewujudkan Kota Solok yang diberkahi Melalui Pengembangan Sektor Perdagangan dan Jasa yang Modern.¬†Dinas Pertanian sesuai dengan tupoksinya ¬†mendukung Visi Walikota terpilih melalui Misi kedua¬†yaitu Peningkatan Perekonomian Daerah yang Berorientasi Ekonomi Kerakyatan Berbasis pada Potensi Unggulan Daerah yang Berkelanjutan dan Didukung oleh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Untuk Tahun 2022 Dinas Pertanian Kota Solok  melaksanakan Tiga Program untuk Bidang Kelautan dan Perikanan yaitu Program Pengelolaan Perikanan Budidaya, Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan serta Program Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan serta Lima Program Urusan Pertanian yang terdiri dari Program Penyediaan dan Pengembangan Sarana Pertanian, Penyediaan dan Pengembangan Prasarana Pertanian, Program Pengendalian Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Program Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian serta Program Penyuluhan Pertanian.

Pada sesi diskusi dan tanya jawab ada beberapa pertanyaan yang disampaikan terkait permasalahan pupuk bersubsidi, pengelolaan lahan tidur, permasalahan irigasi dan alih fungsi lahan.

Acara forum OPD Dinas Pertanian diakhiri dengan Penanda tanganan Berita Acara Kesepakatan Hasil Forum OPD yang ditanda tangani oleh Perwakilan OPD, Fasilitator Kecamatan, Perwakilan Gapoktan serta dari MPIG Kota Solok (fh).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *