Dinas Pertanian Lakukan Restocking dengan Pokwasmas Banda Sawah Solok dan Pokmaswas Pandan Baru Berkarya

Solok (dispertasolok). Pelestarian Perairan Umum sangat diperlukan oleh masyarakat terutama oleh Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) yang ada di Kota Solok. Dinas Pertanian Kota Solok pada Bidang Peternakan Keswan Kesmavet dan Perikanan khususnya Seksi Perikanan mengadakan Restocking pada dua Pokmaswas.

Restocking ikan adalah salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stock akibat  tingkat pemanfaatan yang berlebihan. Tujuan restocking selain menambah stock ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang. Keberadaan ikan pada suatu perairan akan memberikan manfaat baik bagi ekositem pada perairan tersebut maupun bagi manusia sebagai bahan pangan.

Restocking atau Penebaran Benih Ikan dilaksanakan pada Pokmaswas Banda Sawah solok Kelurahan Sinapa dan Pokmaswas Pandan Baru Berkarya Kelurahan Pasar Panda Air mati (PPA) dengan Benih Ikan Nila sebanyak 7.500 Ekor dan Benih Ikan Mas sebanyak 4.500 Ekor  untuk masing-masing Pokmaswas (12 ribu ekor). Benih Ikan berasal dari UPTD BBI Sarasah Batimpo Kota Solok,  Restocking dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis Tanggal 8 dan 9 April 2020 jam 5 Sore. Adapun Kegiatan ini adalah dari Dana APBD Dinas Pertanian Kota Solok Kegiatan Peningkatan Sumberdaya Perairan Umum.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kabid Peternakan,Keswan, Kesmavet dan Peternakan, Ade Kurniati, Kepala UPTD BBI Sarasah Batimpo, Riri Kurniawan, Koordinator Penyuluh Pertanian Kota, Nazifah, Kasi Produksi Perikanan, Ulfa Golnarsih, Penyuluh Perikanan Bantu, Oka Mahendra, Ketua Pokmaswas Banda Sawah Solo, Alexis, Ketua Pokmaswas Pandan Baru Berkarya, Ardianto beserta anggota dan masyarakat, Babinsa, Jul Eminto dan Babinkamtibmas, Aparat Kelurahan,  Adnan dan RT/RW setempat.

Dalam Restocking tersebut  Ade Kurniati mengatakan bahwa kegiatan Pokmaswas bukan sekedar adanya bantuan tetapi berkelanjutan dalam melestarikan perairan umum terutama ikan-ikan domestik yang ada dalam perairan tersebut,  Ade Kurniati juga mengatakan Tugas Pokmaswas adalah Mengamati atau memantau (melihat, mendengar) kegiatan perikanan dan pemanfaatan lingkungan yang ada di daerahnya, Melaporkan adanya dugaan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan perikanan atau dugaan tindak pidana dibidang perikanan kepada Pengawas Perikanan atau aparat penegak hukum (Penjelasan Pasal 67 UU no 31 th 2004). Mengajak anggotanya untuk menjalankan usaha perikanannya dengan tertib dan sesuai aturan hukum yang berlaku. Memberikan penyuluhan hukum pada anggota dan masyarakat sekitarnya Membuat laporan kejadian pelanggaran yang disaksikan Bersedia menjadi saksi jika diperlukan oleh aparat penegak hukum.

“Pokmaswas juga mempunyai Kewenangan dalam pengawasan Perairan Umum yaitu: Dalam hal tertangkap tangan, Pokmaswas dapat melakukan penangkapan dan selanjutnya menyerahkan kepada pengawas perikanan atau aparat penegak hukum setempat, Mengusulkan kepada pemberi izin untuk memberikan sanksi  terhadap pelaku kegiatan perikanan yang melakukan tindak pidana perikanan dengan tembusan kepada Direktur Jendral” tegas Kepala Bidang Termuda di Dinas Pertanian Kota Solok. 

Masyarakat sangat merespon positif dengan kegiatan Restocking ini, mereka berjanji akan menjaga benih ikan yang ditebar dan juga menjaga kelestarian di Perairan Umum.

Prosesi Restocking Ikan bersama Pokmaswas

Secara Simbolis Penebaran dilaksanakan oleh Kabid Peternakan, Keswan,Kesmavet dan Perikanan, Babinsa dan Babinkamtibmas, Aparat Kelurahan, Kepala UPTD BBI Sarasah Batimpo, Kasi Produksi Perikanan, Koordinator Penyuluh Kota dan Ketua Pokmaswas serta Tokoh Masyarakat.

 Dalam Penutupan Acara Restocking  Ade Kurniati berharap agar Pokmaswas dapat menjaga kelestarian perairan umum dan menjaga benih ikan yang ditebarkan di kedua Pokmaswas tersebut. Sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan sosial yang ada di Pokmaswas tersebut (ul)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *