Dinas Pertanian Adakan Pelatihan Pembuatan Kripik Ikan

Dinas Pertanian Adakan Pelatihan Pembuatan Kripik Ikan

Solok (disperta). Usaha meningkatkan aktivitas hasil olahan perikanan harus didasari oleh adanya inovasi oleh masyarakat. Selama ini masyarakat pengolahan, pengemasan dan pemasaran hasil perikanan ini diwadahi dalam Kelompok Pengolah dan Pemasaran Hasil Perikanan (Poklahsar) yang dibina oleh Dinas Pertanian Kota Solok.

Untuk itu pada tanggal 16 Juli 2019 bertempat di Aula Dinas Pertanian Kota Solok diadakanlah Pelatihan Pembuatan Kripik Ikan dengan nara sumber Ir. Desneli, M.Si. yang merupakan Kepala Seksi BMD Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat.
Peserta Pelatihan berjumlah 20 orang yang berasal dari anggota Poklahsar di Kota Solok.

Pelatihan ini bertujuan agar peserta mengetahui cara pembuatan kripik yang berbahan baku dari ikan dan terampil untuk mempraktekkan sendiri di rumah masing-masing.

Acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Pertanian, Ir. Adri Yetti dan dihadiri oleh Kepala Bidang Sarana, Prasarana dan Agribisnis, Ir. Eka Yulmalida dan Kepala Seksi Agribisnis, Amril, SP.

Dalam sambutannya Sekretaris Dinas menyampaikan pesan bahwa usaha produk olahan ikan sangat berpotensi untuk dikembangkan, selain bahan baku yang mudah didapat juga biaya produksi yang murah serta yang tidak kalah pentingnya disukai oleh konsumen karena bercita rasa nikmat.

Desneli dalam materinya menyampaikan memaparkan cara pembuatan kripik ikan dengan cara praktek langsung di acara pelatihan. Peserta acara yang umumnya perempuan ini antusias mengikuti pelatihan sampai selesai dan banyak melakukan diskusi selama pelatihan berlangsung

Amril selalu pejabat pelaksana teknis kegiatan menyampaikan agar mempraktekkan apa yang dipelajari sehingga pelatihan ini berdaya guna dan dapat bermanfaat bagi peserta (fa).

Artikel yang serupa juga terbit di www.infopublik.solokkota.go.id

Leave a Reply

Close Menu