Banjir Hadiah pada Peringatan Hari Tani Nasional ke 60 di Kota Solok

Solok (dispertasolok), Peringatan Hari Tani dicanangkan pada Era Presiden Soekarno setiapĀ tanggal 24 September yang mengeluarkanĀ Keputusan Presiden Republik Indonesia (Kepres RI) No. 169 tahun 1963. Dipilihnya tanggal 24 September karena pada tanggal tersebut lahir Undang-Undang Ā Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria.

Peringatan Hari Tani Nasional bertujuan untuk memberi penghargaan dan memuliakan profesi petani sebagai pejuang pangan. Pada Tahun 2020 yang bertepatan dengan peringatan yang ke 60, Pemerintah mengangkat tema ā€œPertanian Andalan Ekonomi Nasional pada Masa Covid-19.

Pada peringatan Hari Tani Nasional di Kota Solok dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2020 dengan pertimbangan kondisi Pandemi Covid-19 di Kota Solok sehingga peringatan tersebut diundur kurang lebih 2 bulan. Peringatan Hari Tani Nasional ini tetap dilaksanakan dengan menggunakan protokol pencegahan Covid 19 yang optimal.

Hadir pada Peringatan Hari Tani Nasional ke 60 ini, Kepala Dinas Pertanian Kota Solok yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Refendi, Kepala Bidang Penyuluhan, Zeldi Efiza, seluruh Kepala Seksi di Bidang Penyuluhan, seluruh penyuluh pertanian Kota Solok dan para pemenang lomba sektor pertanian pada Tahun 2020.

Pada sambutan tertulis kepala dinas, Refendi menyampaikan bahwa saat Pandemi Covid 19, sektor pertanian merupakan sektor yang mengalami pertumbuhan positif di saat sektor lain mengalami trend negatif. Sekretaris Dinas atas Kepala Dinas mengucapkan terima kasih kepada seluruh petani dan penyuluh Kota Solok yang tetap semangat bekerja di saat pandemi berlangsung.

Pada peringatan ini juga diumumkan para pemenang lomba sektor pertanian berupa lomba petani berprestasi, penyuluh teladan, kelompok tani berprestasi, gapoktan berprestasi, P3A berprestasi dan pemenang lomba kelompok tani dan penyuluh penerap jajar legowo di Kota Solok. Total ada 23 pemenang diumumkan.

Pemenang Lomba Kelompok Tani Penerap Teknologi Jajar Legowo

Keluar sebagai pemuncak pada masing-masing kategori adalah Dasril asal Kelompok Tani Bungo Padi Kelurahan Nan Balimo sebagai petani berprestasi, Kelompok Tani Wanita Serba Usaha Kelurahan Tanah Garam sebagai Kelompok Tani Berprestasi, Gapoktan Rumbio Saiyo asal Kelurahan Simpang Rumbio sebagai Gapoktan Berprestasi dan P3A Surau Rawang asal Kelurahan Tanah Garam sebagai P3A Berprestasi untuk luas lahan lebih dari 50 hektar serta P3A Sarang Alang asal Kelurahan Laing sebagai P3A berprestasi untuk luas lahan kurang dari 50 hektar.

Selanjutnya Lidia Yuliana sebagai penyuluh pertanian PNS teladan, Melda sebagai penyuluh pertanian non PNS teladan, Zulya Leli Ramdani sebagai penyuluh pertanian swadaya teladan, Erlina Iswari sebagai penyuluh penerap teknologi jajar legowo terbaik dan Kelompok Tani Wanita Serba Usaha sebagai kelompok tani penerap jajar legowo terbaik.

Setelah pengumuman para pemenang, Kepala Bidang Penyuluhan menyampaikan ucapan selamat para pemuncak sekaligus menyampaikan pesan agar ke depan menjadi lebih baik dan mempersiapkan diri ke lomba jenjang lebih tinggi (fa).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *