Tugas Pokok dan Fungsi

Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok merupakan unsur pelaksana Pemerintah Daerah dibidang Pertanian Tanaman Pangan, Perkebunan, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan. Dalam penyelenggaraan kewenangan dimaksud diatas, maka Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok mempunyai fungsi sebagai berikut:

  • Merumuskan kebijakan teknis dibidang Pertanian Tanaman Pangan, Perkebunan, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan.
  • Pemberian izin dan pelaksanaan pelayanan umum dibidang Pertanian Tanaman Pangan, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan.
  • Pembinaan terhadap unit pelaksana teknis dinas dibidang pertanian umum
  • Penyelenggaraan urusan kesekretariatan dinas.

 

Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Dinas

mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan Pemerintahan Daerah di bidang Pertanian, Perikanan dan Kehutanan. Untuk meneyelenggarakan tugas kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan mempunyai fungsi :

  • Perumusan kebijakan teknis dibidang Pertanian, Perikanan dan Kehutanan
  • Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum dibidang Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.
  • Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, dan
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai tugas dan fungsi.

 

Tugas Pokok Dan Fungsi Sekretariat

mempunyai tugas pokok melaksanakan koordinasi dan pelayanan administrasi kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan yang meliputi urusan umum dan kepegawaian, urusan keuangan, pendataan, serta evaluasi pengendalian program dan pelaporan.
Untuk menyelenggarakan tugas, Sekretariat mempunyai fungsi :

  • Pengelolaan administrasi umum dan kepegawaian;
  • Pengelolaan dan pengkoordinasian administrasi keuangan;
  • Pengelolaan program perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  • Pengkoordinasian pelaksanaan program dan kegiatan;dan
  • Pelaksanaan urusan Hukum, Organisasi dan Tata Laksana serta Kehumasan dan Rumah Tangga

Sekretariat terdiri dari

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, mempunyai tugas pokok menyelenggarakan sebagian tugas sekretariat di bidang pelayanan umum dan kepegawaian. Untuk menyelenggarakan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi penyelenggaraan administrasi umum dan kepegawaian, yaitu pelaksanaan urusan surat menyurat, kearsipan, ekspedisi, administrasi perjalanan dinas, kerumahtanggaan, peralatan dan perlengkapan kantor, kepustakaan, pengelolaan administrasi kepegawaian, hukum, organisasi dan tata laksana serta kehumasan.
  2. Sub Bagian Program Evaluasi dan Pelaporan, mempunyai tugas pokok menyelenggarakan sebagian tugas Sekretariat di bidang program, evaluasi dan pelaporan. Untuk menyelenggarakan tugas Sub Bagian Program Evaluasi dan Program mempunyai fungsi penyelenggaraan penyusunan rencana kegiatan yaitu pengumpulan dan inventarisasi perencanaan dari masing-masing Bidang, monitoring dan evaluasi, pendokumentasian dan penyusunan laporan.
  3. Sub Bagian Keuangan, mempunyai tugas pokok menyelenggarakan sebagian tugas sekretariat di bidang keuangan. Untuk menyelenggarakan tugas Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi penyelenggaraan administrasi keuangan yaitu pelaksanaan penyusunan anggaran, pembukuan, akuntansi dan verifikasi serta pelaporan keuangan.

Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Produksi dan Agribisnis,

mempunyai tugas pokok melaksanakan Tugas dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan dibidang produksi dan agribisnis yang mempunyai fungsi ;

  • Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program perencanaan dan pelaksanaan kegiatan bidang produksi tanaman pangan Holtikultura, perkebunan, peternakan perikanan dan kehutanan,
  • Pelaksanaan, pengkoordinasian dan pengawasan pelaksanaan program produksi tanaman pangan holtikultura, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan.
  • Pelaksanaan program pengembangan usaha tani tanaman pangan holtikultura, perkebunan, peternakan perikanan dan kehutanan

Bidang Produksi dan Agribisnis terdiri dari :

  1. Seksi Bina Produksi tanaman Pangan dan Holtikultura, mempunyai tugas pokok menyelenggarakan sebagian tugas bidang produksi dan agribisnis khususnya tentang teknologi produksi pasca panen dan pengembangan usaha tanaman pangan dan holtikultura. Untuk menyelengarakan tugas Seksi Bina Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura mempunyai fungsi penyusunan rencana teknis, pembinaan dan peningkatan produksi tanaman pangan dan holtikultura serta pembinaan agribisnis dan alsintan.
  2. Seksi Bina Produksi Peternakan dan Perikanan, mempunyai tugas pokok menyelenggarakan sebagian tugas bidang produksi dan agribisnis khususnya tentang teknologi produksi, pasca panen dan pengembangan usaha produksi peternakan dan perikanan. Untuk menyelenggarakan tugas Seksi Bina Produksi Peternakan dan Perikanan mempunyai fungsi penyusunan rencana teknis, pengkoordinasian, pembinaan dan pengawasan pengembangan usaha peternakan dan perikanan.
  3. Seksi Bina Produksi Kehutanan dan Perkebunan, mempunyai tugas pokok menyelenggarakan sebagian tugas bidang produksi dan agribisnis khususnya tentang teknologi produksi, pasca panen dan pengembangan usaha kehutanan dan perkebunan. Untuk menyelenggarakan tugas seksi Bina produksi Kehutanan dan Perkebunan mempunyai fungsi penyusunan rencana teknis, pengkoordinasian, pemantauan dan pengawasan pembangunan kehutanan dan perkebunan, pemerataan teknologi sesuai tipe dan ekologi lahan dan pemanfaatannya serta penyiapan pengembangan usaha tanaman perkebunan.

Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Perlindungan Tanaman dan Hewan

mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan dibidang perlindungan tanaman dan hewan yang mempunyai fungsi ;

  • Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program perencanaan dan petunjuk dibidang penyelamatan lahan, perlindungan tanaman dan hewan serta penangulangan penyakit;
  • Pelaksanaan, pengkoordinasian dan pengawasan pelaksanaan, rencana dan program dibidang penyelamatan lahan, perlindungan, pengendalian penyakit tanaman dan hewan;
  • Pelaksanaan program pelatihan dan pembinaan bidang penyelamatan lahan, perlindungan, pengendalian penyakit tanaman dan hewan;

Bidang Perlindungan Tanaman dan Hewan terdiri dari :

  1. Seksi Perlindungan Hewan Ternak dan Ikan, mempunyai tugas pokok menyelenggarakan sebagian tugas bidang Perlindungan Tanaman dan Hewan khususnya tentang perlindungan hewan ternak dan ikan. Untuk menyelenggarakan tugas seksi Perlindungan Hewan Ternak dan Ikan mempunyai fungsi penyusunan rencana teknis, pengkoordinasian dan pembinaan teknis perlindungan hewan ternak dan ikan serta pengendalian penyakit hewan ternak dan ikan.
  2. Seksi Perlindungan Tanaman dan Konservasi Tanah dan Air, mempunyai tugas pokok menyelenggarakan sebagian tugas bidang Perlindungan Tanaman dan Konservasi Tanah dan Air. Untuk menyelenggarakan tugas sebagai seksi Perlindungan Tanaman dan Konservasi Tanah dan Air mempunyai fungsi penyusunan rencana teknis, pengkoordinasian dan pembinaan teknis pengawasan dan penyelamatan lahan serta perlindungan tanaman dan konservasi tanah dan air.

Tugas Pokok dan Fungsi Bidang penyuluhan

mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan di bidang penyuluhan yang mempunyai fungsi :

  • Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaran program perencanaan dan petunjuk di bidang penyuluhan, pengendalian operasional penyuluhan;
  • Pelaksanaan, pengkoordinasian dan pembinaan tenaga penyuluh pertanian;
  • Pengembangan Sumber Daya Manusia penyuluh serta mempersiapkan kelembagaan tani yang kokoh dan mandiri
  • Pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta laporan penyelenggaraan penyuluh;

Bidang Penyuluhan terdiri dari :

  1. Seksi Penyuluhan, mempunyai tugas pokok menyelenggarakan sebagian tugas bidang Penyuluhan, khususnya tentang penyelenggaraan penyuluhan pertanian, perikanan dan perkebunan. Untuk menyelenggarakan tugas seksi penyuluhan mempunyai fungsi penyusunan rencana teknis, pengkoordinasian penyuluhan serta operasional dan pengendalian penyuluh.
  2. Seksi Kelembagaan Tani, mempunyai tugas menyelenggarakan sebagian tugas pokok bidang Penyuluhan khususnya tentang pengembangan dan peningkatan kelembagaan tani. Untuk menyelenggarakan tugas Seksi Kelembagaan tani mempunyai fungsi penyusunan rencana teknis, pengkoordinasian, pembinaan dan pengendalian kelembagaan tani;