Visi

Dalam rangka menjalankan tugas pokok dan fungsi dalam menjawab tantangan lingkungan strategis yang akan dihadapi Dinas Pertanian, Perikanan dan kehutanan merumuskan visi sebagai berikut :

Terwujudnya Keluarga Tani Yang Sejahtera Dengan Pertanian Tangguh Yang Berwawasan Agribisnis Dan Ramah Lingkungan” .

Visi tersebut mengandung makna bahwa :

  1. Keluarga Tani yang sejahtera memberi makna bahwa masyarakat tani Kota Solok dimasa depan dapat memenuhi kebutuhan minimalnya sesuai tingkat status sosial dan tuntutan zaman sehingga bisa hidup secara nyaman dan tentram.
  2. Pertanian yang tangguh memberi makna bahwa di masa depan wujud Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok berteknologi maju, efisien dan efektif serta mempunyai daya saing dan berkelanjutan.
  3. Berwawasan Agribisnis  memberi makna bahwa usaha tani yang dilakukan berorientasi kepada peningkatan produktifitas dan pendapatan.
  4. Berwawasan  lingkungan memberi makna bahwa Pengembangan usaha tani yang dilaksanakan harus memperhatikan penyelamatan sumberdaya alam dan kesehatan lingkunga.

Untuk mewujudkan visi tersebut diatas diperlukan suatu misi yang merupakan upaya guna menggerakkan segala potensi yang ada dan mengatasi masalah dan kendala yang dihadapi. Misi Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok tahun 2010 – 2015 adalah:

  1. Meningkatkan  pemanfaatan  sumberdaya pertanian, perikanan dan kehutanan serta penerapan teknologi produksi untuk mendapatkan hasil pertanian yang berdaya saing tinggi
  2. Meningkatkan pengendalian dan pengamanan terhadap produk tanaman pangan, peternakan, perkebunan dan perikanan yang ramah lingkungan
  3. Meningkatkan pelestarian sumber daya alam
  4. Meningkatkan prasarana dan sarana pelayanan pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan dan kelembagaan tani.