Puskeswan Kota Solok Lakukan Operasi Kucing

Tim dari UPTD Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Solok berhasil melakukan operasi bedah (sectio caesaria) terhadap kucing berjenis Mix Angora bernama Gigi. Tim yang terdiri dari drh. Efal Afriandoni dan dibantu oleh Paramedis bernama Yani.

Operasi dilakukan pada tanggal 18 April 2018 bertempat di UPTD Puskeswan, Jalan Proklamasi Kota Solok. Kucing berumur 1 tahun tersebut terpaksa dioperasi karena kesulitan melahirkan. Sebelumnya tanggal 14 April 2018, Gigi melahirkan 2 ekor anak di rumah pemiliknya di Tanah Garam, namun 2 ekor anak tersebut mati.

Pemilik kucing yang bernama Novi masih penarasan karena perut Gigi masih besar dan ternyata setelah diperiksa lanjutan dengan USG ditemukan 4 ekor anak. Dengan pertimbangan sudah beberapa hari jarak dari kelahiran sebelumnya maka tim memutuskan untuk melakukan operasi.

Operasi berlangsung selama kurang lebih 1,5 jam dan akhirnya 4 ekor anak dapat dikeluarkan dengan selamat serta induknya juga dalam keadaan stabil.

Tim dokter mengapresiasi pemilik kucing tersebut yang memutuskan untuk membawa Gigi ke Puskeswan. Seluruh biaya operasi ditanggung secara swadaya oleh majikan Gigi. Kedepannya, masyarakat diharapkan lebih perhatian terhadap binatang peliharaannya dan cepat dibawa ke Puskeswan jika menemui kejanggalan pada kesehatannya (fa).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *