Program dan Kegiatan Lokalitas Kewenangan SKPD

Program dan kegiatan ini merupakan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan berdasarkan kewenangan SKPD.  Pengelompokan Program dan kegiatan berdasarkan misi, yaitu :

Misi Pertama : Meningkatkan  pemanfaatan  sumber daya pertanian, perikanan dan kehutanan serta penerapan teknologi produksi untuk mendapatkan hasil pertanian yang berdaya saing tinggi.

Program-program yang sesuai dengan misi pertama yaitu :

1. Program Peningkatan Ketahanan Pangan (Pertanian/Perkebunan)

Program ini diarahkan untuk peningkatan ketahanan pangan dan peningkatan pengetahuan petani dalam hal pangan beragam, bergizi dan berimbang serta untuk meningkatkan produktivitas lahan persatuan luas melalui intensifikasi pertanian. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Pengembangan Intensfikasi Tanaman Padi dan Palawija. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Petani, kelompok tani dan masyarakat.
2. Program Peningkatan Penerapan Teknologi Pertanian/Perkebunan

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan produksi komoditas pertanian/perkebunan serta meningkatkan pemanfaatan sumberdaya pertanian/perkebunan yang efisien serta berwawasan lingkungan dan berkelanjutan melalui penerapan teknologi. Dengan Program ini diharapkan petani dapat dijembatani oleh pemerintah daerah sehingga petani lebih mudah untuk mengakses menguasai teknologi baru. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Pelatihan Penerapan Teknologi Pertanian/Perkebunan Modern Bercocok Tanam. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Petani, kelompok tani dan penyuluh pertanian.
  • Penyuluhan Penerapan Teknologi Pertanian/Perkebunan. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : kelompok tani
  • Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : petani,kelompok tani dan Penyuluh Pertanian
  • Penelitian dan pengembangan Teknologi pertanian/perkebunan Tepat Guna. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : petani,kelompok tani , Penyuluh Pertanian dan kawasan pertanian.
 3. Program Peningkatan Pemasaran Hasil Produksi Pertanian /Perkebunan

Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan peningkatan produktivitas komoditi pertanian/perkebunan yang diharapkan dapat memanfaatkan peluang pasar, bahan baku industri rumah tangga dan eksport. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Penyuluhan Kualitas dan Teknis Kemasan Hasil Produksi Pertanian/Perkebunan Yang Akan Dipasarkan. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : petani,kelompok tani dan Penyuluh Pertanian.
4. Program Peningkatan Produksi Pertanian/Perkebunan

Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan peningkatan produktivitas komoditi pertanian/perkebunan serta produkstivitas lahan dalam rangka meningkatkan pendapatan petani persatuan luas pertanaman yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani.  Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Kering Dengan Komoditi Perkebunan Yang Mempunyai Nilai Ekonomis Yang Tinggi. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : petani, kelompok tani
  • Rehabilitasi Tanaman Perkebunan. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : petani, kelompok tani
  • Pengembangan Bibit Unggul Pertanian. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : kelompok   penangkar benih
5. Program Peningkatan Produksi Hasil Peternakan

Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan peningkatan produksi peternakan baik kualitas maupun kuantitas, serta terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan kebutuhan daging baik unggas maupun ternak besar ataupun kecil. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Pembibitan dan Perawatan Ternak. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : kelompok  KPP- IB
6. Program Pengembangan Budidaya Perikanan

Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan peningkatan produksi perikanan melalui peningkatan sarana dan prasarana perikanan serta pengetahuan dan ketrampilan para petani pembudidaya ikan.  Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Pengembangan Bibit Ikan Unggul. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : BBI Sarasah Batimpo
  • Pendampingan Pada Kelompok Tani Pembudidaya Ikan. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Petani Pembudidaya Ikan
  • Pembinaan dan Pengembangan Perikanan. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : BBI Sarasah Batimpo dan pembudidaya ikan.
7. Program Optimalisasi Pengelolaan dan Pemasaran Produksi Perikanan

Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan peningkatan produksi perikanan melalui peningkatan sumber daya aparatur serta petani pembudidaya ikan melaui pelatihan dan bimtek  serta peningkatan sarana dan prasarana perikanan seperti pembangunan unit pemasaran benih ikan, penumbuhan unit pengolahan hasil perikanan. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Pengembangan Pengolahan dan Pemasaran Produksi Perikanan. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : pembudidaya ikan

 

Misi Kedua : Meningkatkan pengendalian dan pengamanan terhadap produk tanaman pangan, peternakan, perkebunan dan perikanan yang ramah lingkungan.

 

Program-program yang sesuai dengan misi kedua yaitu :

1.Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Ternak.

Program ini bertujuan untuk melindungi hewan, ternak dan ikan dari penyakit bersifat zoonosis, endemik dan menular melalui kegiatan pencegahan, dan penangulangan penyakit serta dapat meningkatkan mutu dan memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam mengkonsumsi daging. Program ini dilaksanakan melalui kegiatan pokok sebagai berikut :

  • Pemeliharan Kesehatan dan Pencegahan Penyakit Menular Ternak. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Peternak unggas,   ternak masyarakat, Puskeswan dan Pasar Solok
  • Perlindungan Kesehatan Masyarakat Veteriner. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Rumah Potong   Hewan Kota Solok
  • Peningkatan Kapasitas SDM Petugas dan masyarakat dalam pengendalian penyakit ternak. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : petugas dan ternak masyarakat.
2. Program Peningkatan Penerapan Teknologi Pertanian/Perkebunan

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan produksi komoditas pertanian/perkebunan serta meningkatkan pemanfaatan sumberdaya pertanian/perkebunan yang efisien serta berwawasan lingkungan dan berkelanjutan melalui penerapan teknologi. Dengan Program ini diharapkan petani dapat dijembatani oleh pemerintah daerah sehingga petani lebih mudah untuk mengakses menguasai teknologi baru. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Pengadaan sarana dan prasarana Pertanian/Perkebunan Tepat Guna. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : petani, tanaman yang terserang penyakit dan pestisida

 

Misi Ketiga : Meningkatkan pelestarian sumber daya alam.

Program-program yang sesuai dengan misi ketiga yaitu :

1. Program Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Hutan

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemanfaatan hasil hutan oleh masyarakat sesuai dengan aturan pemanfaatan hasil hutan yang berlaku dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan petani.  Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Pengawasan dan Penertiban Pelaksanaan Peraturan Daerah Mengenai Pengelolaan Industri Hasil hutan. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : masyarakat.
2. Program Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Hutan

Program ini bertujuan untuk mencegah dan membatasi kerusakan hutan, kawasan hutan dan lahan yang disebabkan oleh manusia baik secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelenggaraan perlindungan dan konservasi sumber daya hutan. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : masyarakat
  • Penyuluhan Kesadaran Masyarakat Mengenai Dampak Perusakan Hutan. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : masyarakat.
3. Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas lahan kritis dan semi kritis serta memperkecil kerusakan hutan. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Penanaman Pada Kawasan Penyangga dan Kawasan Lindung lainnya. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : kawasan hutan
  • Penghijauan dan Pengkayaan Hutan Rakyat.- Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : kawasan hutan
  • Koordinasi Penyelenggaraan Reboisasi dan Penghijauan Hutan Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : petugas dan masyarakat
  • Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Rehabilitasi Hutan dan Lahan. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : petugas dan masyarakat.
4. Program Pengembangan Perikanan Tangkap

Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan peningkatan produksi perikanan tangkap melalui pengawasan terhadap perairan umum dan pelestarian sumber daya hayati perairan umum.  Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Peningkatan Sumber Daya hayati perikanan di Perairan Umum. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : perairan umum

 

Misi Keempat : Meningkatkan prasarana dan sarana pelayanan pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan dan kelembagaan tani

Program-program yang sesuai dengan misi kedua yaitu :

1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan peningkatan kelancaran administrasi dan operasional kantor serta surat menyurat; ketersediaan sarana komunikasi, sumber daya air, listrik, alat listrik dan elektronik; serta ketersediaan lingkungan kantor yang bersih.    Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Penyediaan Jasa Surat Menyurat. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Jumlah surat
  • Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Kantor Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok dan UPTD.
  • Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Pengelola administrasi kegiatan.
  • Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Petugas kebersihan Kantor.
  • Penyediaan Alat Tulis Kantor. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Alat Tulis Kantor.
  • Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah :  Barang cetakan dan penggandaan
  • Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Kantor Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok dan UPTD.
  • Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Peralatan dan perlengkapan kantor.
  • Penyediaan Peralatan Rumah Tangga. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Kantor Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok dan UPTD.
  • Penyediaan Makanan dan Minuman. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Makan dan Minuman Rapat.
  • Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Luar Daerah. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Pelaksanaan koordinasi dan konsultasi.
  • Penyediaan Jasa Tenaga Pendukung Administrasi Perkantoran. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : PTT pada Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok dan UPTD.
2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan kelancaran operasional kantor dan kendaraan dinas serta ketersediaan gedung tempat kerja yang memadai dan representatif. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Pengadaan Mobiler Kantor. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Mobiler kantor.
  • Pemeliharaan Rutin/Berkala Gedung kantor. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Gedung tempat kerja.
  • Pemeliharaan Rutin / Berkala Kendaraan Dinas/Operasional. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : Kendaraan Dinas/Operasional.
  • Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan Gedung kantor. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah peralatan gedung kantor.
  • Pembangunan Gedung Kantor. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah gedung kantor.
3. Program Peningkatan Disiplin Aparatur

Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan keseragaman pakaian dinas berserta kelengkapannya. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut :

  • Pengadaan pakaian dinas beserta kelengkapannya. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah aparatur Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok.
4. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia Aparatur, khususnya sebagai pelayanan dan pengadian kepada masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut dilaksanakan melalui keikutsertaan PNS dalam diklat–diklat dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan PNS. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Diklat Teknis dan Fungsi Bagi PNS Daerah. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah aparatur Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok.
5. Program Peningkatan Pengembangan Sistim Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan

Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan ketersediaan dokumen capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD, dokumen keuangan semesteran dan akhir tahun SKPD, serta dokumen prognosis realisasi anggaran SKPD. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok.
  • Penyusunan Pelaporan Keuangan Semesteran. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok.
  • Penyusunan Pelaporan Prognosis Realisasi Anggaran. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok.
  • Penyusunan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok.
6. Program Pemberdayaan Penyuluh Pertanian/Perkebunan Lapangan

Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya petani dan aparatur serta pengembangan sumber daya aparatur pelayanan pertanian. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Peningkatan Kapasitas Tenaga Penyuluh Pertanian/Perkebunan. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah penyuluh pertanian dan petugas pertanian.
  • Peningkatan Peran Serta Saka Taruna Bumi. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah pengurus saka anak didik.
7. Program Peningkatan Kesejahteraan Petani

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan, kesejahteraan dan taraf hidup petani melalui pembangunan usaha tani yang berwawasan agribisnis. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Pelatihan Petani dan Pelaku Agribisnis. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah petani dan kelompok tani.
  • Peningkatan Kemampuan Lembaga Tani. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah petani, kelompok  tani dan penyuluh pertanian.
  • Penyuluhan dan Pendampingan Petani dan Pelaku Agribisnis. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah kelompok tani pelaksana kios saprodi.
8. Program Peningkatan Penerapan Teknologi Peternakan

Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan peningkatan produktivitas komoditi peternakan melalui peningkatan kualitas sarana dan prasarana penunjang produksi peternakan. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Pemeliharaan Rutin/Berkala Sarana dan Prasarana Teknologi Peternakan Tepat Guna. Kelompok sasaran dari kegiatan ini RPH Kota Solok.
  • Kegiatan Penyuluhan Penerapan Teknologi Peternakan Tepat Guna. Kelompok sasaran dari kegitan ini adalah peternak sapi dan  kambing.
  • Pelatihan dan Bimbingan Pengoperasian Teknologi Peternakan Tepat Guna. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah para peternak.