Program dan Kegiatan Lintas SKPD

Program dan kegiatan ini merupakan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan secara lintas SKPD.  Program-program tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

Misi Pertama : Meningkatkan  pemanfaatan  sumber daya pertanian, perikanan dan kehutanan serta penerapan teknologi produksi untuk mendapatkan hasil pertanian yang berdaya saing tinggi.

Program-program yang sesuai dengan misi pertama, yang merupakan Program dan kegiatan Lintas SKPD  yaitu :

1. Program Peningkatan Ketahanan Pangan (Pertanian/Perkebunan).

Program ini diarahkan untuk peningkatan ketahanan pangan dan peningkatan pengetahuan petani dalam hal pangan beragam, bergizi dan berimbang serta untuk meningkatkan produktivitas lahan persatuan luas melalui intensifikasi pertanian. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Pemanfaatan Pekarangan Untuk Pengembangan Pangan. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah  KK Miskin sektor  pertanian.
2. Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Ternak.

Program ini bertujuan untuk melindungi hewan, ternak dan ikan dari penyakit bersifat zoonosis, endemik dan menular melalui kegiatan pencegahan, dan penangulangan penyakit serta dapat meningkatkan mutu dan memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam mengkonsumsi daging. Program ini dilaksanakan melalui kegiatan pokok sebagai berikut:

  • Pemusnahan Ternak yang Terjangkit Penyakit Endemik. Kelompok sasaran dari kegiatan ini pedagang ternak dan Hewan Penular Rabies

Misi Ketiga : Meningkatkan pelestarian sumber daya alam.

Program-program yang sesuai dengan misi ketiga, yang merupakan Program dan kegiatan Lintas SKPD  yaitu :

1. Program Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Irigasi, Rawa dan Jaringan Pengairan lainnya.

Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan pengembangan sumber air irigasi serta terwujudnya pemberdayaan kelembagaan pengelolaan air. Dengan adanya program ini diharapkan terjadi peningkatan luas aeral pertanian pada kawasan tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan melalui pengembangan sumber air irigasi. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Rehabilitasi/Pemeliharaan Jaringan Irigasi. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : jaringan irigasi.
  • Pemberdayaan Petani Pemakai Air. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : kelompok P3A
2. Program Pembangunan Jalan dan Jembatan.

Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan peningkatan produksi dan produktivitas pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan melalui peningkatan sarana dan prasarana pendukung untuk memperlancar aktivitas kegiatan. Kegiatan-kegiatan tersebut secara garis besarnya sebagai berikut:

  • Pembangunan Jalan. Kelompok sasaran dari kegiatan ini adalah : pembangunan jalan