Panen Calon Benih Penjenis, Benih Dasar dan Benih Pokok Padi Anak Daro

Padi Varietas Anak Daro merupakan padi asli Kota Solok yang telah diluncurkan Menteri Pertanian pada tahun 2007. Sebagai upaya untuk menjaga kemurnian varietas Anak Daro ini. Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok secara rutin melaksanakan pemurnian varietas unggulan Kota Solok ini melalui Kegiatan Pengembangan Bibit Unggul Pertanian/Perkebunan yang bersumber dari APBD Kota Solok.

Pada tahun 2016 ini, Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok melakukan pertanaman untuk Calon Benih Penjenis seluas 0,05 Ha, Calon Benih Dasar sebanyak 0,25 Ha dan Calon Benih Pokok seluas 0,5 Ha. Pertanaman calon benih ini berlokasi di Areal Kelompok Tani Guguak Lanciang Makmur di Kelurahan Simpang Rumbio.

Pada tanggal 19 Juli 2016, tanaman padi untuk calon benih ini dipanen di bawah pengawasan Pengawas Benih Tanaman, Armizal dari BPSB Sumatera Barat dan Ir. Syahrul Zein dari BPTP Sumatera Barat. Dengan dipanennya padi dari pertanaman 2016 ini maka diharapkan bisa menambah dan memperbarui stock benih bina Padi Varietas Anak Daro (2:2).

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2015 DINAS PERTANIAN KOTA SOLOK