Kota Solok Serius Menerapkan Teknologi untuk Peningkatan Produksi Pertanian

Penerapan teknologi dalam usaha pertanian sangat penting, disamping efesiensi dan efektivitas biaya produksi. Petani padi sawah sangat merasakan pentingnya efesiensi dan efektivitas ini. Pemerintah mengusahakan harga beras tidak tinggi agar semua masyarakat bisa membeli beras dan tidak kekurangan pangan. Dengan demikian yang bisa diusahakan petani adalah menurunkan biaya produksi yang salah satunya dengan penggunaan teknologi.

Untuk itu, pada tanggal 10 Agustus 2016, Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat melakukan uji coba mesin Combine Harvester, yaitu mesin untuk memanen padi. Uji coba dilakukan di hamparan sawah Kelompok Tani Sawah Solok di Kelurahan IX Korong Kota Solok. Pemakaian  Combine Harvester ini dapat menekan kehilangan gabah akibat panen dengan sabit dan saat mengangkut ketempat perontokan. Dengan  Combine Harvester dapat sekaligus dilakukan pemotongan padi dan perontokan sehingga padi tidak berserakan. Disamping itu jam kerja juga lebih cepat sehingga biaya yang dikeluarkan lebih sedikit, denga kata lain biaya produksi dapat ditekan.

Uji coba tersebut dihadiri oleh perwakilan seluruh kelompok tani yang ada di Kota Solok dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok, Jefrizal, S.Pt., M.T. dan perwakilan dari BPTP Sumatera Barat.

Pada hari yang sama juga dilakukan uji coba Mini Traktor yang bertempat di Areal Lahan Kering Kelompok Tani Puncak Kandih Kelurahan Laing. Rencananya lahan yang dijadikan uji coba ini akan ditanami ubi kayu. Hadir dalam uji coba ini Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura, Ir. Yubidarlis dan Kepala Seksi Produksi Perkebunan dan Kehutanan, Joni Harnedi, SP. (2:2).

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2015 DINAS PERTANIAN KOTA SOLOK