Komitmen Ketua Gapoktan dan Manajer LKMA pada Koordinasi LKMA di Kota Solok

Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) telah diluncurkan sejak lama untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Program ini diimplementasikan dalam bentuk bantuan dana usaha pertanian untuk petani melalui gapoktan. Gapoktan diharuskan membentuk Lembaga Kredit Mikro Agribisnis (LKMA) untuk menjalankan dana dari pusat tersebut.

Dana PUAP digulirkan di Kota Solok sejak tahun 2012 untuk 2 gapoktan dan dilanjutkan pada tahun 2013 untuk 7 gapoktan. Terakhir tahun lalu, pemerintah menggulirkan dana  PUAP ini untuk satu gapoktan yaitu Gapoktan Empat Sepakat Kampung Jawa. Kota Solok sekarang telah mendapat dana PUAP untuk 10 gapoktan.

Untuk menghindari permasalahan yang mungkin timbul maka pada tanggal 26 Agustus 2016 diselenggarakan Rapat Koordinasi untuk para pengurus LKMA-PUAP dan Ketua Gapoktan. Hadir dalam rapat tersebut seluruh Manajer LKMA-PUAP  dan seluruh Gapoktan di Kota Solok.

Dalam rapat koordinasi tersebut juga dibahas langkah-langkah untuk registrasi LKMA-PUAP, sehingga kelembagaannya diharapkan semakin kuat (2:2).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *