Dinas Pertanian Mengadakan Forum Perangkat Daerah

Dalam rangka menjaring aspirasi petani Kota Solok untuk perencanaan Tahun Anggaran 2019, Dinas Pertanian mengadakan Forum Perangkat Daerah pada tanggal 5 Maret 2018 bertempat di SMPN 05 Kota Solok. Forum Perangkat Daerah ini diikuti oleh seluruh kelompok tani, gapoktan, P3A, GP3A, Pokdakan, KTNA dan kelompok pertanian lainnya yang ada di Kota Solok.

Acara ini dibuka oleh Asisten II Kota Solok yang mewakili Walikota Solok. Dalam sambutannya Asisten II menyampaikan bahwa pembangunan pertanian sangat penting bagi Kota Solok. Pembangunan Pertanian Kota Solok tidak semata-mata meningkatkan produksi dengan perluasan panen dan peningkatan indeks pertanaman, juga diharapkan pembangunan pertanian harus bisa menambah nilai dari mutu dan pelayanan sektor tersier.

Tahun 2017, Dinas Pertanian mulai merintis Forum Masyarakat Peduli Informasi Geografis (MPIG) untuk mematenkan Beras Solok agar tidak disalahgunakan oleh pihak lain untuk mencari keuntungan sesaat tanpa memberi nilai tambah bagi petani Kota Solok. Beras Solok mudah ditemui di daerah lain di luar Solok, namun keterjaminan beras tersebut berasal dari Kota Solok tidak bisa dipertanggungjawabkan, sehingga masyarakat luas Solok menyangka beras tersebut memang dari Solok, namun rasa dan teksturnya tidak seperti beras Solok yang asli. Hal ini tentu dapat merusak citra Beras Solok yang bercita rasa tinggi. Demikian dikatakan Jefrizal, S.Pt., M.T.

Kota Solok juga harus memanfaatkan pertanian sebagai industri pariwisata dengan menggalakkan Agrowisata Sawah Solok dengan hamparan sawahnya dan Agrowisata Payo dengan pertanian pegunungan (bunga krisan dan kopi). Diharapkan kunjungan wisatawan ke lokasi agrowisata dapat meningkatkan nilai tambah bagi petani Kota Solok.

Forum Perangkat Daerah Dinas Pertanian dipandu oleh seluruh Kepala Bidang di Dinas Pertanian yaitu Ir. Yurmiati, MM selaku Kepala Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Ade Kurniati, S.Pt. selaku Kepala Bidang Peternakan, Keswan dan Perikanan, Ir. Zeldi Efiza selaku Kepala Bidang Penyuluhan dan Ir. Eka Yulmalida selaku Kepala Bidang Sarana, Prasarana dan Agribisnis. Turut hadir dalam Forum Perangkat Daerah ini Kepala OPD se Kota Solok, Bank Nagari, Bank Rakyat Indonesia dan mitra kerja Dinas Pertanian lainnya (fa).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *