BPTP Sumatera Barat Latih Petani Lahan Miring Kota Solok

Pemerintah terus mengusahakan peningkatan produksi hasil pertanian, baik secara ekstensifikasi, intensifikasi ataupun diversivikasi. Salah satu usaha peningkatan produksi hasil pertanian adalah mengoptimalkan pengolahan lahan miring sehingga dapat meningkatkan produktivitas hasilnya.

Berbagai cara diusahakan untuk mengoptimalkan budidaya di lahan miring, yaitu dengan olah lahan yang benar, metode pembentukan lahan (melintang kemiringan), manajemen pengairan, pemilihan tanaman yang sesuai dan manajemen pemupukan.

Demikian disampaikan oleh Ir. Ismon Lenin, M.Si., Peneliti Madya dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Barat Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian pada Pelatihan Pengolahan Lahan Miring pada tanggal 11 April 2018 di Aula Dinas Pertanian Kota Solok.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Ir. Kusnadi, MM. Dalam sambutannya, Kepala Dinas mengharapkan petani Kota Solok menerapkan prinsip konservasi pada budidaya lahan miring sehingga peningkatan produksi hasilnya dapat dicapai dan mencegah kemungkinan dari bencana tanah longsor akibat pengolahan lahan yang tidak tepat.

Lebih lanjut, Kepala Dinas menyampaikan agar petani Kota Solok ulet dalam berusaha tani. Petani yang berhasil umumnya berasal dari petani yang ulet dan menerapkan prinsip usaha tani yang benar (fa).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *