Bantuan Kendaraan Angkut Roda Tiga untuk Kelompok DMB

Peningkatan produksi pangan nasional, khususnya padi menjadi perhatian utama pemerintah saat ini. Salah satu komponen penting dalam usaha untuk meningkatkan produksi padi adalah dengan penyediaan benih unggul bersertifikat. Propinsi Sumatera Barat membutuhkan benih unggul bersertifikat dari varietas nasional unggul bersertifikat yang berkembang di masyarakat, karena pada umumnya varietas unggul bersertifikat yang dikembangkan di tingkat pusat memiliki tekstur “pulen”. Hal ini berbeda dengan permintaan beras Sumatera Barat yang mayoritas menginginkan tekstur “pera”.

Dengan demikian, Propinsi Sumatera Barat harus menyediakan benih unggul bersertifikat sendiri. Upaya dilakukan adalah dengan mengembangkan penangkaran padi varietas unggul yang telah diluncurkan pemerintah. Selain penangkar mandiri, pemerintah juga mengembangkan penangkar dari Kegiatan Desa Mandiri Benih (DMB) melalui kelompok-kelompok yang potensial memproduksi benih.

Untuk membantu Kelompok DMB memproduksi benih, kelompok dibantu dengan kendaraan angkut roda tiga. Kota Solok memperoleh bantuan kendaraan ini sebanyak 2 (dua) unit untuk dua kelompok DMB. Bantuan ini diterima oleh Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok dan langsung diserahkan kepada kelompok penerima yaitu DMB Rumbio Saiyo dan DMB Sembiko pada tanggal 12 Juli 2016.

Kepala Dinas dalam pesannya menyampaikan agar kendaraan ini dapat dioperasional dengan baik untuk peningkatan produksi benih unggul bersertifikat di wilayahnya, sehingga petani tidak mengeluh dengan kelangkaan benih unggul bersertifikat dan meningkatkan pemakaian benih unggul bersertifikat oleh petani (2:2).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *